Baca Aturan Program Partner Youtube Sebelum Monetisasi Video - Part 1

Aturan Monetisasi Video Melalui Youtube Program Partner
Sesuai dengan judul diatas maka sobat perlu mempelajari dan membaca sedikit mengenai kebijakan yang dibuat oleh Youtube dalam Program Partner Youtube sebelum mulai membuat video. Pada umumnya, apabila sobat berniat untuk memonetisasi konten anda dengan iklan, sebaiknya perlu mematuhi kebijakan tersebut yang meliputi Kebijakan Program Google Adsense, Persyaratan Layanan dan Pedoman Komunitas. Sobat memiliki tanggung jawab dalam menjaga dan membuat konten yang yang sesuai dengan aturan dan cocok untuk ditonton oleh siapa saja.

Biasanya pihak Youtube akan melakukan peninjauan terhadap konten dan video yang anda buat, sehingga apabila terjadi pelanggaran maka mereka mempunyai hak untuk menghapus layanan iklan konten anda atau menonaktifkan layanan adsense anda. Selain itu mereka juga dapat menghapus channel youtube anda apabila ditemukan pelanggaran yang berat terhadap kebijakan Youtube Program Partner. Untuk itu sobat perlu memastikan bahwa konten kalian memenuhi pedoman yang sesuai untuk iklan atau tidak. Terkait penayangan iklan, tidak semua advertiser akan menampilkan iklan pada konten anda, mereka akan memilih konten yang sesuai dengan brand yang mereka pasarkan. Jika video atau konten anda dinilai tidak cocok untuk iklan dari advertiser sebaiknya anda menonaktifkan layanan iklan. Contohnya anda menampilkan konten terkait tindakan terorisme yang terjadi baru saja atau kekerasan terhadap anak (Silahkan Baca Pedoman dan Konten yang Cocok untuk Iklan).

Salah satu contoh kreator terkenal yang dijatuhi hukuman oleh Youtube yaitu Logan Paul yang melakukan aksi atau tindakan tidak terpuji di negara Sakura, Jepang. Youtuber kelahiran 1 April 1995 tersebut merekam orang yang membunuh diri di hutan Jepang dan menguploadnya di Youtube. Ia juga membuat ulah, dan dengan sikap yang kurang sopan menggangu masyarakat di Jepang, hal ini akhirnya membuat netizen menjadi jengkel. Karena ulah tersebut Youtube menjatuhi hukuman bahwa Channel miliknya dihapus dari Layanan Google Preferred yang berisi layanan iklan premium, dan selain itu juga youtube melakukan pemutusan bisnis dengan logan meski channelnya di youtube masih dapat di monetisasi. Meski sudah meminta maaf kepada Youtube, aksi Logan Paul masih membuat netizen berang yang  akhirnya sepakat untuk membuat petisi yang melarang Logan Paul dari Youtube di situ Change.org (Klik disini)

Apabila anda ingin membuat konten sebaiknya mengikuti pedoman komunitas yang dikeluarkan Youtube sehingga dapat sesuai dengan pengguna dan layanan iklan. Contohnya apabila anda membuat konten yang tidak sesuai untuk semua usia (ada pembatasan usia) maka youtube dapat terkena teguran dan ini akan mempengaruhi layanan Program Partner Youtube anda. Selain itu anda juga tidak diijinkan untuk membuat konten yang melanggar pedoman tersebut seperti konten berupa ancaman terhadap pihak lain, konten yang tidak sopan atau melanggar etika setempat, konten yang dapat menggangu privasi orang lain, konten yang melanggar hak cipta, melakukan peniruan identitas orang lain, konten kekerasan, konten yang menyebar kebencian, konten seksual, konten pelecehan, konten spam dan scam (barang palsu), serta konten yang merugikan dan membahayakan orang lain (dewasa maupun anak-anak). 

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments