Cara Modifikasi atau Edit File Host di Windows 10

File host adalah file pada suatu sistem komputer yang digunakan untuk memetakan hostname ke alamat IP. File host merupakan file text yang tersimpan pada sistem driver windows yang diberi nama "host". File host dapat diubah atau dimodifikasi apabila kita ingin mengarahkan domain tertentu ke alamat IP yang kita tentukan. Ada beberapa fungsi atau kegunaan dari file host itu sendiri yaitu:

  1. Melakukan pemblokiran terhadap update server dari software yang kita gunakan pada komputer atau melakukan pemblokiran akses server ke file host komputer kita.
  2. Melakukan pemblokiran terhadap jenis iklan atau spyware dengan mengarahkan ke IP Address yang lain.
  3. Mengarahkan pengunjung dengan melakukan migrasi atau perpindahan server dari yang server yang lama ke yang baru.

Cara Edit File "HOST"
  • Untuk mengedit file host di windows 10, kita masuk ke pencarian di windows, lalu ketik NOTEPAD, klik kanan pada notepad kemudian pilih "Run as Administator"
administrator notepad

  • Pada Notepad window yang telah terbuka, pilih File  > Open > lalu masuk ke C:\Windows\System32\Drivers\etc\
  • Cari file host dengan cara mengganti extensi file name ke "All files" agar file tersebut muncul, lalu klik Open
open file host
  • Setelah itu masukan domain dan ip address yang kamu inginkan atau siapkan dengan urutan IP spasi domain. Tulis nama domain dan IP address di bagian paling bawah dari isi file host tersebut. Contohnya saya ingin arahkan techdidak.com saya arahkan ke IP lain maka akan tertulis:
127.0.0.1 techdidak.com
  • Simpan atau save file tersebut (CTRL + S)
edit file host

  • Selanjutnya adalah lakukan flush DNS untuk mengaktifkan perubahan diatas, caranya yaitu masuk kembali ke pencarian windows, lalu ketik CMD (Command Prompt). Klik kanan program tersebut lalu pilih "Run As Administrator"
  • Lalu masukan peritah berikut:
ipconfig/flushdns
  • Jika sudah maka akan muncul "Successfully the DNS Resolver Cache" 
flushdns
  • Selanjutnya yaitu lakukan ping pada domain tersebut dengan mengetik, untuk mengecek apakah domain tersebut sudah diarahkan ke ip address yang kamu tetapkan.
ping techdidak.com 
File host pada dasarnya merupakan elemen dari Internet Protocol (IP) yang membantu mengarahkan nama host atau domain yang dapat dipahami manusia ke protokol numerik atau alamat IP.  File host sendiri dikontrol atau diatur oleh administrator pada komputer anda, sehingga  apabila kalian ingin mengedit file host maka harus masuk sebagai administator. Setiap masukan pada file host harus dipisahkan per baris secara individu. Setiap komentar yang dimasukan pada file host biasanya diberi simbol #

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments