Apa yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Seorang Youtuber Pemula - Part 2

Aturan Gambar Youtube
Sebelumnya saya telah menjelaskan artikel mengenai Baca Aturan Program Partner Youtube Sebelum Monetisasi Video - Part 1. Artikel tersebut tentunya merupakan bagian atau part 1 dari artikel kedua yang saya tulis di bawah ini. Tentunya sebagai seorang kreator pemula kita harus meneliti dulu apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan sebagai seorang kreator. Banyak kreator pemula yang membuat videonya sia-sia dan dibanned karena tidak memenuhi kebijakan yang dibuat dalam Program Partner Youtube. Kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai kelanjutan dari program youtube tersebut.

Ketika kamu membuat video atau channel dengan tujuan untuk monetisasi, pastikan bahwa kalian memiliki hak dalam menggunakan konten secara komersial. Hal ini termasuk kepemilikan audio dan video secara eksklusif yang kalian unggah ke Youtube. Apabila kalian menggunakan konten dari pihak ketiga dalam kompilasi video kalian maka sebaiknya kamu mengerti dan membaca lisensi yang dikeluarkan oleh pihak ketiga. Terkait hak penggunaan komersial terhadap konten, game atau software, dapat ditemukan dan dibaca dalam website pihak ketiga. Kalian juga dapat menanyakan kepada pihak ketiga apakah kalian dapat menggunakan konten mereka dalam video yang diiklankan di Youtube. Apabila kalian diijinkan untuk menggunakan konten mereka maka sebaiknya kalian melakukan perubahan signifikan pada konten mereka dengan menambahkan elemen tambahan seperti komentar kalian, saran dan pendapatkalian serta elemen yang bermaksud untuk mengedukasi penonton. Contohnya apabila kalian tidak merubah audio yang orisinal dari video game dan kemudian ada pihak ketiga yang mengajukan klaim konten ID maka kalian tidak dapat memonetisasi video kalian.

Agar video kalian tidak melanggar hak cipta, buatlah video yang orisinal namun juga mengedukasi dan memberikan nilai tambah kepada penonton. Konten yang digunakan kembali atau reused konten perlu melakukan perubahan besar baik secara audio maupun visualnya. Misalnya kalian melakukan penggabungan clip namun perubahan visualnya masih terlihat sama dengan video orisinal yang pernah diupload. Selain itu, karena merupakan reused konten video, video kalian bisa saja diupload oleh pengguna lain berulang kali. Disini kalian dituntut untuk merubah bagian audio misalnya menggantinya dengan free royalty music atau efek suara dari Youtube. Kamu juga dapat memunculkan teks yang bermaksud untuk mengedukasi atau melakukan crop atau efek pada video dari pihak ketika. Kalian juga dapat memberikan suara atau komentar, serta memunculkan gambar visual kalian pada video apabila ingin membuat konten video game. Disini kamu dituntut untuk memberikan kontribusi tambahan terhadap elemen video dari pihak ketiga sehingga tidak melanggar hak cipta dengan tujuan edukasi.

Keikutsetaan kalian dalam program Youtube Partner mewajibkan kalian juga untuk mentaati segala aturan yang dibuat terkait pengiklanan. Ketika berbicara mengenai iklan youtube, ada beberapa larangan seperti mengklik iklan youtube sendiri, menyuruh orang lain untuk mengklik iklan, atau menggunakan metode lain agar iklan secara otomatis di klik. Youtube ingin agar iklan yang diklik harus sesuai dengan free will dari penonton. Beberapa aturan lain yang juga dikeluarkan oleh youtube yaitu:
  • menjual konten youtube kalian dari melalui pihak ketiga untuk memperoleh keuntungan
  • kalian dilarang menggunakan jasa pihak lain untuk meningkatkan jumlah subscriber, viewers dan like dari konten kalian
  • menggunakan iklan pihak ketiga, atau sponsor lain dalam video kalian
Ketika ada konten yang melanggar, maka kamu akan terkena saksi sesuai dengan keputusan pihak Youtube, untuk itu Kamu harus tentunya perlu memperhatikan hal-hal diatas sebelum membuat video dan mengunggahnya ke Youtube.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments