Membuat Form Contact Us Langsung dari Script HTML

Form Contact Us
Form Contact Us adalah layanan pesan yang ditulis oleh pengunjung blog untuk berkomunikasi  dengan admin atau pemilik blog. Pesan yang disampaikan dapat dikirim via email atau email blog.. Form ini digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan penulis blog, namun pengunjung harus menyertakan informasi pribadinya untuk diketahui oleh penulis blog. Beberapa informasi yang disertakan dalam form ini antara lain nama, email, pesan, web/blog, alamat, nomor telepon dan lain-lain. Namun biasanya pemilik blog hanya mewajibkan penulis mengisi beberapa informasi agar lebih ringkas. Form ini juga kadang memiliki nama yang beragam seperti Hubungi Kami, Kontak Kami, Saran dan Pertanyaan dan lain-lain.

Melalui form contact us pengunjung dapat menyampaikan pertanyaan dan saran kepada penulis secara langsung. Form ini juga digunakan apabila pengunjung ingin bekerjasama dengan admin blog. Form Contact Us umumnya dibuat apabila penulis blog ingin mendaftarkan blognya di Google Adsense. Form Contact Us dapat diperoleh melalui situs penyedia layanan online dan blogger script.  Sebenar blogger sendiri sudah memiliki Form Contact Us yang berada pada Widget atau Gadget. Namun form i ini biasanya diletakan pada Halaman statis blog kalian sehingga kalian harus membuatnya sendiri atau melalui pihak layanan lain. Ada beberapa penyedia layanan untuk membuat form contact us secara online seperti 123ContactForm dan foxy form. Kalau sobat blogger ingin membuat Form Contact Us dapat mengcopy HTML dibawah ini:

<div class="contact-form-widget">
<form name="contact-form">
<span class="ctitles">Nama :</span>
<input class="contact-form-name" id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" type="text" value="" />
<span class="ctitles">Alamat Email <span class="swajib">*</span> :</span>
<input class="contact-form-email" id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" type="text" value="" />
<span class="ctitles">Isi Pesan <span class="swajib">*</span> :</span>
<textarea class="contact-form-email-message" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="10"></textarea>
<input class="contact-form-button contact-form-button-submit" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Kirim" />
<br />
<div class="contact-form-error-message" id="ContactForm1_contact-form-error-message">
</div>
<div class="contact-form-success-message" id="ContactForm1_contact-form-success-message">
</div>
</form>
</div>
<script src="https://www.blogger.com/static/v1/widgets/2271878333-widgets.js" type="text/javascript"></script> 
Setelah copy kode HTML diatas, paste kode tersebut pada menu Halaman blog kalian. Ubah format penulisan ke HTML lalu publikasikan. Akan ada notifikasi di email kalian apabila pengunjung mengirim pesan.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.


Post a Comment

0 Comments