Perbedaan (Difference) Antara Blog dan Website

Website vs blog
Umumnya lebih banyak orang yang mengenal  website ketimbang blog. Keduanya memiliki beberapa perbedaan dan ini biasanya membingungkan bagi beberapa orang yang belum mengenal website ataupun blog. Website sendiri muncul pada era 90an sedangkan blog populer digunakan di tahun 2000an. Meski keduanya beda dalam beberapa hal teknis, tapi blog dan website juga memiliki sejumlah kesamaan.

Berdasarkan pengertian atau definisi website adalah sekumpulan halaman web yang terhubung dalam world wide web (www) dalam  sebuah domain dan dikelola oleh suatu kelompok atau perusahaan, atau individu. Website biasanya tersimpan dalam suatu server yang dapat diakses melalui internet atau jaringan lokal. Sedangkan blog atau web log adalah suatu sistem pada situs web yang berisi konten, informasi atau postingan yang dapat terus diupdate oleh individu atau kelompok. Blog adalah media website yang mudah digunakan untuk pemula yang ingin menulis konten pribadi. Blog pertama kali dipopulerkan oleh situs Blogger yang pernah dikembangkan oleh Pyra Labs di tahun 1999, yang kemudian diakusisi oleh Google pada tahun 2002.

Setelah mengenal sedikit sejarah dan definisi diatas antara blog dan website, mari kita lihat lebih detail perbedaan keduanya berdasarkan beberapa karakteristik.

1. Konten
Blog berisi berbagai macam jenis konten  seperti informasi, tutorial, berita, pengalaman, aktivitas, hobi, cerita, suatu produk tertentu, artikel, video, gambar, dan artikel lainnya. Konten blog memiliki sifat yang dinamis yang terus dan selalu diperbaharui dan ditampilkan dalam urutan atau kronologi dari postingan terbaru ke informasilama. Sementara website berisi informasi mengenai produk atau layanan yang diunggulkan yang ditawarkan kepada pengunjung. Informasi atau konten yang ada pada website memiliki sifat statis atau tidak memerlukan update secara berkala.

2. Penggunaan Bahasa dan Komunikasi
Blog menggunakan bahasa yang lebih informal dan santai untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman, dekat dan tidak membosankan. Bahasa di blog umumnya lebih variatif dan bersifat pribadi yang tergantung dari letak geografis penulis blog dan isi konten yang ditampilkan, contohnya gan, lu, gue, dan lain-lain. Dari segi komunikasi blog umumnya lebih bersifat interaktif dan pengunjung dapat mudah menerima feedback, bertukar pikiran atau respon dengan cepat dari penulis blog atau pengunjung lainnnya.

Sementara bahasa yang ditampilkan pada suatu website umumnya lebih formal sehingga terkesan lebih profesional karena umumnya website dibuat umumnya untuk tujuan komeril. Website umumnya memiliki sifat one-way-communication atau komunikasi satu arah dimana komunikasi hanya melalui email dari pemilik website ke penunjung atau sebaliknya.

3. Pengelola
Umumnya pengelola blog adalah perorangan yang sering disebut blogger, (baik yang memiliki keahlian atau tidak sama sekali), dengan berbagai macam tujuan seperti menyalurkan hobi, berbagi informasi, dan lain-lain. Blogger juga dapat meraih kesuksesan di dunia blogging seperti Medhy Aginta Hidayat, Asri Tada, Trinity dan juga Raditya Dika. Bagaimana dengan website? Website umumnya dikelola orang beberapa kalangan profesional yang berpengalaman yang memiliki kompetensi di beberapa bidang. Website biasanya dikelola orang suatu perusahaan atau organisasi yang menawarkan suatu produk atau jasa tertentu.

4. Tampilan
Pada bagian homepage, tampilan website umumnya langsung menyajikan informasi mengenai suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Berbeda dengan blog yang berisi postingan tentang informasi atau artikel terbaru yang dimuat dalam kategori berdasarkan waktu posting. Informasi dalam blog selalu diupdate ini membuat blog lebih SEO friendly dibandingkan website.

5. Biaya
Terkait biaya, kita harus mengeluarkan uang untuk menyewa domain pada suatu website. Biaya tersebut variatif tergantung pada jenis hosting yang ingin kita gunakan, kita juga dapat menyewa hosting bulanan ataupun tahunan. Sementara itu, jika kalian menggunakan blog, tidak perlu merogok kocek dalam karena ada beberapa hosting gratis untuk blog yang ditawarkan seperti blogger, wordpress, quora, linkedin, dan lain-lain. Mengapa gratis?

Ketika kita harus memilih situs web atau blog umumnya sangat dipengaruhi oleh tujuan yang ingin kita capai. Jika kalian menawarkan produk atau layanan bisnis tanpa pembaharuan informasi secara berkala, maka pilihannya itu adalah website, namun jika kalian memiliki bisnis yang perlu memperbaharui informasi, maka penting untuk memilih blog. Beberapa website juga sering menggunakan sub domain untuk menghost blog yang ditawarkan secara gratis. Hal ini dilakukan agar trafik pengunjung ke website mereka dapat meningkat dan mereka dapat memperoleh pendapatan lebih banyak lewat iklan, jasa atau produk yang mereka tawarkan.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments