Cara Mengganti atau Update Video Youtube dengan Video Baru

Bagi kalian yang menggunakan Youtube pasti penasaran bagaimana caranya mengganti atau mengupdate video Youtube dengan video baru. Biasanya apabila kalian salah dalam mengedit video melalui aplikasi video editor kalian, atau ada hal-hal dalam video yang perlu diperbaiki kalian pasti mencari cara untuk mengupload video baru tanpa menghapus video lama. Hal ini karena apabila kalian menghapus video lama, tentunya komentar dan like yang tertera dalam halaman video ikut terhapus.

Video lama tentunya memiliki URL yang berbeda dengan video baru, dan apabila kamu menghapus video lama maka urlnya juga akan dihapus. Sayangnya Youtube tidak menyertakan tool yang dapat kalian gunakan untuk mengganti/replace video lama dengan video baru yang diupload. Apabila kalian mengupload video baru, maka kalian akan memperoleh URL yang baru. Mengupload video baru juga akan menyita waktu karena kalian harus menyalin deskripsi, judul dan tag yang ada dalam video lama untuk dipindahkan. Saya rasa kemungkinan kedepan Youtube akan memberikan tools untuk mengganti video tanpa kita harus kehilangan url dari video lama, ataupun kehilangan jejak komentar dan like.

Meski demikian, adapun yang kamu dapat lakukan untuk melakukan editing pada video lama apabila terdapat kesalahan diantaranya:

  1. Kalian dapat melakukan pemotongan (trim) pada video melalui Youtube. Kalian dapat memisahkan atau menghilangkan bagian dari video yang tidak ingin digunakan.
  2. Kalian dapat mengubah judul dan deskrpisi yang ada dalam video
  3. Kalian juga dapat menggunakan kartu untuk menambahkan unsur dalam video agar lebih interaktif. 
  4. Melakukan efek buram pada wajah atau seseorang. 
  5. Menambah subtitle pada video
Untuk cara melakukan editing seperti diatas saya tidak akan bahas pada postinganan ini, namun saya akan bahas pada artikel selanjutnya. Namun secara garis besar kalian hanya perlu masuk ke halaman PENGELOLA VIDEO melalui Kreator Studio Klasik atau klik link berikut:

https://www.youtube.com/my_videos?ar=3&o=U
Setelah masuk di halaman Pengelola Video, klik pada salah satu video yang ingin kalian edit, lalu lakukan editing sesuai keinginan kalian.


Kalian juga dapat melakukan perubahan melalui Youtube Studio (Beta). Tools pada Youtube Studio Beta tidak selengkap seperti pada Kreator Studio Klasik. Untuk melakukan editing kalian hanya perlu:
  • Masuk ke YouTube Studio Beta
  • Pada panel menu sebelah kiri sidebar, pilih Video.
  • Kemudian centang kotak di sebelah video yang ingin kalian edit
  • Pilih Edit, dan pilih jenis perubahan yang ingin kalian lakukan
  • Masuk informasi yang kalian ingin tambahkan ke Video, lalu tekan tombol Update Video.

Post a Comment

0 Comments