Lupa Kata Sandi Facebook, Ini Solusinya!

Seringkali banyak pengguna facebook yang salah memasukan kata sandi karena mereka lupa. Hal ini wajar saja karena seringkali banyak kata sandi yang harus diingat untuk tiap akun yang digunakan, apalagi kalau orangnya mudah pelupa. Apa beberapa alasan orang salah memasukan kata sandi, diantaranya yaitu gak mau catat kata sandinya, sudah lama akunnya gak dibuka-buka jadi lupa sendiri, salah memasukan username, akun diretas, salah ketik alias kemungkinan caps lock aktif, dan lain-lainnya. Untungnya permasalahan di atas ada solusinya, karena ada beberapa cara yang kalian dapat lakukan untuk login ke akun facebook yaitu dengan bantuan email dan nomor ponsel yang kalian masukan saat pertama kali membuka akun facebook.

Untuk mengatasi masalah login kalian dapat melakukan reset password (atau pengaturan ulang password) melalui nomor hp atau email. Ketika kalian reset password, maka facebook akan mengirimkan 6 digit kode ke perangkat kalian untuk selanjutnya diverifikasi. Sebelumnya pihak facebook juga menggunakan metode lain yaitu melalui kontak terpercaya untuk mereset akun kalian. Kode reset password bukan dikirimkan ke kamu melainkan ke kontak terpercaya seperti teman dan keluarga. Namun sepertinya metode ini mudah dihack oleh orang lain yang menyelinap menjadi teman kalian dengan maksud membobol akun kalian. Untuk itu sepertinya pihak facebook telah menghapus metode ini. Apabila akun kamu dibobol atau dihack kalian dapat menghubungi pihak facebook melalui url ini dan ikuti petunjuknya: https://www.facebook.com/hacked.

Cara Memulihkan Kata Sandi Melalui Email dan Nomor Hp
  • Apabila kalian tidak bisa login karena lupa dengan kata sandi kalian, maka solusinya kalian buka halaman fb kalian. 
  • Pada sebelah kanan atas dibawah kolom login terdapat link "Lupa Akun?", klik link tersebut.
  • Kalian akan masuk ke halaman reset kata sandi. Tentukan cara untuk mengirimkan kode untuk mereset kata sandi, apakah lewat email atau nomor hp, lalu klik Lanjutkan. Periksan pesan masuk lewat nomor hp kalian atau periksa email apabila kalian memilih untuk mereset kata sandi. Facebook akan mengirimkan 6 digit kode untuk kalian masukan ke halaman selanjutnya.
  • Masukan 6 digit kode tersebut untuk verifikasi keamanan akun, lalu klik Lanjutkan.
  • Selanjutnya kalian dapat memasukan kata sandi baru untuk masuk ke akun kalian.
Untuk membuat kata sandi yang kuat, sebaiknya perhatikan beberapa hal diantaranya, kata sandi kalian tidak boleh memiliki nama yang sama dengan profil atau user kalian, kata sandi sebaiknya tidak memiliki kata yang lazim digunakan, gunakan kombinasi angka lebih dari satu, gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, serta memiliki panjang minimal 6 karakter. Membuat kata sandi yang kuat sangat penting agar akun yang kalian gunakan tidak diretas/bobol/hack oleh orang tidak dikenal. Kemudian ingat kata sandi kalian dengan baik atau jangan lupa untuk menulis kata sandi pada halaman yang kalian simpan.

Post a Comment

0 Comments