Apa Itu RAM? Apakah Sudah Saatnya Kalian Upgrade RAM?

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memory, yang berfungsi sebagai memori sementara yang membantu mempercepat atau mempermudah pemrosesan informasi dalam sistem komputer. RAM membantu menyimpan informasi mengenai program yang berjalan, contohnya jika kalian membuka aplikasi seperti Google Chrome, maka informasi akan tersimpan dalam RAM hanya untuk sementara waktu selama masih ada aliran daya. Data RAM dapat dipanggil kembali tanpa harus mengakses hard drive.

RAM memiliki kecepatan mengirimkan informasi yang jauh lebih cepat dibandingkan memori pada hardisk. Itu sebabnya memiliki memori yang tepat, akan memungkinkan komputer berjalan lebih cepat. Bukan hanya kapasitas, kecepatan RAM perlu diperhatikan apabila kalian ingin meningkatkan kinerja komputer atau laptop. Kapasitas yang besar dibutuhkan untuk menjalankan program multitasking atau program yang menggunakan banyak memori seperti gaming, rendering dan streaming.


Selain itu kalian juga perlu memperhatikan kecepatan RAM untuk memperoleh kinerja yang maksimal, karena hal ini berpengaruh terhadap kecepatan pemrosesan informasi dari RAM ke CPU atau sebaliknya. RAM terus ditimpa dan disegarkan karena tujuannya adalah untuk memungkinkan CPU dapat mengakses data yang relevan dengan cepat tanpa menyimpannya secara permanen.

Pasti kalian bertanya, apakah sudah saatnya saya mengupgrade RAM? Selama kalian menggunakan komputer untuk kinerja standar, maka kalian tidak perlu melakukan upgrade. Namun apabila kalian bekerja secara multi-tasking, membuka banyak aplikasi secara bersamaan serta menggunakan aplikasi yang berat yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, maka komputer kalian akan terasa lebih lambat daripada biasanya.

RAM merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kinerja atau kecepatan dari komputer atau laptop, selain CPU, Hard Disk, dan GPU. Apabila komputer terasa lemot, kalian bisa melakukan upgrade RAM, namun sebelumnya periksa terlebih dahulu bagian kinerja dari RAM kalian pada Task Manager untuk mengetahui apabila memori sudah overload atau belum: Berikut ini langkah memeriksa kapasitas memori yang tersedia pada komputer/laptop:

  • Untuk mengecek kinerja RAM, tekan ALT+CTRL+DEL, kemudian pilih Task Manager.
  • Klik tab Performance
  • Klik tab Memory, kemudian periksa berapa persen memori yang tersedia. 
Umumnya lebih banyak memori berjalan yang digunakan oleh OS dibandingkan kalian membuka aplikasi. Cobalah buka sejumlah aplikasi yang sering kalian gunakan kemudian cek kembali memori yang tersedia. Minimal memori yang tersedia pada RAM sebaiknya menyisakan 30-25%, apabila kurang dari nilai tersebut, kalian dapat meningkatkan kapasitas RAM untuk memperoleh kinerja yang lebih maksimal. Biasanya kalau kapasitas RAM sudah overload laptop kalian akan terasa lemot, bahkan bisa hang atau not responding.

Sebelum kalian upgrade RAM ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu Sistem Operasi (OS) yang kalian gunakan. Apabila kalian menggunakan OS yang lebih baru dari sebelumnya maka tentunya akan berdampak pada kinerja komputer kalian, karena versi terbaru OS lebih banyak membutuhkan memori agar komputer bekerja lebih maksimal. Untuk itu sebaiknya periksa kebutuhan memori standar pada OS yang kalian gunakan. Sama halnya ketika kalian banyak mengintal program di komputer atau hendak menginstal software terbaru seperti foto editor, video editor, atau gaming, yang membutuhkan spek RAM dan hardware lainnya yang lebih tinggi. Untuk itu sebaiknya periksa juga kebutuhan minimum memori dari software yang ingin kalian instal sebelum menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin dapat menjadi pertimbangan khusus untuk mengupgrade RAM kalian:

  • Proses booting OS terasa lebih lama atau lemot
  • Kinerja komputer lemot ketika membuka program, program membutuhkan waktu yang lama ketika digunakan bahkan tidak ada respon sama sekali.
  • Sulit membuka beberapa program saat bersamaan, bahkan kalian hanya menjalankan program ringan, namun loading terasa lambat, dan menampilkan layar blank.
  • Ada muncul notifikasi low memory pada layar komputer kalian, yang mengindikasikan bahwa memori kalian rendah/kurang
Jika beberapa masalah diatas terjadi, maka sebaiknya kalian lakukan upgrade memori di pc atau laptop kalian. Sebelum membeli memori carilah spesifikasi memori yang sesuai dengan standar komputer atau laptop kalian.

Post a Comment

0 Comments