Lupa Password Gmail, Solusinya?

Lupa password gmail atau email lainnya seringkali dihadapi oleh banyak orang. Ini kerap terjadi pada orang yang sering melakukan pembaharuan password demi alasan keamanan. Selain itu juga karena orang tersebut mungkin jarang menggunakan akun emailnya, atau menggunakan cookies (remember me) pada browsernya sehingga jarang menulis passwordnya secara manual. Ditambah lagi kalian harus mengingat begitu banyak password, apalagi kalau password tersebut cukup rumit dan tidak dicatat. Password email kalian sangat penting untuk dibuat unik dari password lainnya, hal ini karena apabila kamu memiliki akun seperti facebook, twitter dan lainnya yang terhubung langsung ke email dibobol atau kalian lupa passwordnya juga, maka kalian dapat meresetnya melalui email.

Gmail merupakan salah satu layanan email gratis yang dikelola oleh Google, dan kebanyakan orang menggunakan gmail karena sangat populer. Melalui akun Google, kalian juga dapat menggunakan fitur atau produk yang lain seperti Google Drive, Blogger, Youtube, Google Play, Google Maps, dan masih banyak lagi.  Apabila kalian lupa dengan password Gmail, maka kalian juga tidak dapat menggunakan fitur-fitur diatas, karena passwordnya saling terintegrasi alias sama dalam satu akun Google. Meski demikian kalian tidak perlu panik apabila password yang kalian gunakan tidak sesuai atau direject. Terdapat beberapa pilihan untuk memulihkan akun kalian dengan cara mereset password yang lama diantaranya melalui:
  1. Email Pemulihan
  2. Nomor Telepon Pemulihan (text dan call)
  3. Unlock Jenis Hp
  4. Pertanyaan pemulihan
Diatas adalah beberapa cara untuk mereset atau recover password kalian, cara tersebut dibuat untuk mengantisipasi apabila pengguna email tidak memiliki akses terhadap salah satu pilihan diatas. Contohnya apabila kalian lupa email pemulihan, maka kalian dapat mereset password menggunakan nomor telepon, atau sebaliknya apabila nomor kalian tidak aktif, maka kalian dapat mereset email menggunakan email pemulihan. Apabila kalian tidak memiliki akses terhadap semua pilihan diatas, maka dapat dipastikan bahwa akun Google kalian tidak akan kembali, artinya kalian sebaiknya membuat akun baru. Apabila kalian menginginkan akun kalian untuk balik maka sebaiknya hubungi pihak Google dan kalian akan diberikan formulir yang sangat detail untuk mengisi informasi mengenai akun kalian. Apabila kalian lupa mengingat password gmail kalian, berikut adalah cara atau langkah untuk melakukan pemulihan, reset atau recover password dengan menggunakan beberapa pilihan diatas:

Cara Memulihkan atau Reset Kata Sandi di Gmail
  • Masuk ke halaman pemulihan akun: https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  • Kemudian klik link "Lupa Sandi" atau "Forgot Password".
  • Masukan alamat email atau nomor ponsel yang kalian gunakan saat login ke akun Google, kemudian tekan tombol Next atau Berikutnya.
  • Klik pada link dibawah "Try another way" atau "Coba pertanyaan lain"
  • Pada halaman selanjutnya akan muncul account recovery menggunakan nomor hp. Google akan mengirmkan kode verifikasi pada nomor hp yang tertera pada dua digit akhir yang muncul. Pilih metode pengiriman apakah melalui Text (SMS) atau Call (Telepon). Google akan mengirimkan 6 digit kode yang selanjutnya kalian akan masukan pada halaman selanjutnya. Selanjutnya kalian dapat membuat password atau sandi baru, lalu ketik lagi konfirmasi sandi dan klik tombol Save Password (Ubah Sandi).
  • Apabila kalian tidak menggunakan nomor hp atau nomor hp kalian hilang, maka kalian dapat menggunakan email pemulihan lain untuk mereset password. Caranya klik Try another way atau coba pertanyaan lain saat muncul verifikasi melalui hp. Kalian akan dibawa pada halaman email pemulihan atau email recovery. Pada halaman tersebut, ketik email pemulihan sesuai dengan contoh yang terdaftar, lalu klik kirim atau Send.
  • Cek email kamu pada email pemulihan lain yang kamu isi sebelumnya, kalian akan menerima 6 digit kode untuk verifikasi.
  • Isi kode tersebut pada halaman di gmail untuk pemulihan melalui email, lalu klik next atau berikutnya. 
  • Selanjutnya kalian lakukan perubahan pada sandi, seperti langkah sebelumya diatas. 
Terkadang pada beberapa kasus, kalian tidak dapat langsung mengubah atau mereset password, karena Google mendeteksi sesuatu yang ganjal terhadap akun yang kamu sign in, sehingga mereka menyimpan akun kalian dalam security hold, tentunya kamu dapat merubahnya setelah 3-5 hari melalui email pemulihan yang kamu request.

Post a Comment

0 Comments