Cara Meningkatkan Trafik : Cek Halaman Mobile Friendly atau Tidak

Salah satu cara meningkatkan trafik di blog yaitu dengan mengoptimasi SEO dari blog kalian. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengguna internet menggunakan Google Search Engine untuk mencari artikel yang sesuai dengan keinginan mereka berdasarkan keyword yang mereka cari. Salah satu hal yang dinilai oleh Google dalam mengurutkan artikel atau konten kamu dalam halaman pencarian yaitu template yang kamu gunakan, apakah template tersebut SEO friendly atau tidak. Apalagi buat kamu yang sering gonta ganti template, maka sebaiknya pikirkan template yang SEO friendly sehingga trafik kamu dapat ditingkatkan.

Yang dimaksud dengan template yang SEO friendly disini yaitu template kamu responsive yang artinya dalam dijalankan baik ada versi desktop maupun seluler. Contohnya ketika kalian meminimise halaman maka teks dan elemen juga akan ikut minimise sesuai dengan ukuran layar. Template yang SEO friendly mendapatkan posisi yang lebih tinggi di Seach Engine, hal ini karena saat ini hampir semua pengguna menggunakan perangkat seluler ketika mereka mencari artikel di dunia maya. Itu sebabnya di awal tahun 2018, Google lebih memilih untuk memberikan indeks pencarian atas kepada situs-situs yang bekerja pada perangkat seluler alias mobile friendly.

Untungnya saat ini kalian dapat melihat apakah situs kalian tersebut mobile friendly atau tidak dengan Google Mobile Friendly Test. Kalian hanya perlu memasukan url situs atau blog kalian untuk memastikan apakah situs kamu mobile friendly. Caranya kalian hanya perlu menuju situs dibawah ini:
https://search.google.com/test/mobile-friendly
Masukan url blog kalian contohya http://www.techdidak.com. Apabila kalian sudah memasukan url, tekan tombol Uji Url, tunggu beberapa saat sampai Google melakukan pengujian, dan menganalisis dan merender halaman blog kalian. Contohnya saya memasukan blog saya untuk dianalisis setelah selesai Google akan memberitahukan bahwa "Halaman ini mobile-friendly", yang artinya itu kabar baik bahwa halaman saya mudah digunakan untuk perangkat seluler. Google juga akan memberitahukan analisis yang lain apabila halaman anda terdapat kesalahan teknis atau error. Contohnya pada halaman yang saya uji bahwa Halaman dimuat sebagian. Yang artinya bahwa tidak semua elemen dihalaman dapat dimuat. Google akan memberitahukan secara rinci apa permasalahannya, dan itu harus segera saya perbaiki karena dapat memengaruhi cara Google melihat dan memberi ranking halaman.



Selain itu disitus ini juga kalian dapat menguji apakah kode yang kalian pasang di blog itu mobile friendly atau tidak. Banyak yang belum tau kalau misalnya kode atau widget yang mereka gunakan tidak mobile friendly, meski tujuannya untuk mempercantik dan memperindah blog dengan efek tambahan. Untuk mengecek kode kalian cukup kembali ke situs diatas. Lalu pilih tap <kode> disamping url, tempelkan atau paste kode yang ingin diuji, lalu Klik Uji Kode. Tunggu beberapa saat sampai Google mengenalisis kode tersebut, dan akan muncul pemberitahuan hasil tes seperti dibawah ini.


Nah apabila kode tersebut tidak mobile friendly, Google akan mengingatkan untuk memperbaiki apa yang menjadi kendala, contohnya area pandang tidak disetel atau teks terlalu kecil untuk dibaca dan lain-lain  Jadi ingat ya yang sering gonta ganti kode, harap lakukan pengujian dulu.

Post a Comment

0 Comments