Cara Crimping Kabel UTP atau Kabel LAN

Helo guys di artikel ini saya akan menjelaskan cara crimping kabel LAN atau kabel UTP untuk menghubungkan hardware atau perangkat elektronik. Sebelum mulai ada baiknya kalian mempersiapkan beberapa bahan berikut ini seperti Tang Crimping, Gunting, Kabel UTP Cat5 dan Konektor RJ45.

Sebelum Crimping kabel UTP, kalian perlu tau perangkat yang akan kalian hubungkan misalnya komputer ke router, atau switch ke router. Hal ini agar kalian dapat menentukan jenis susunan kanel UTP yang kalian buat adakah STRAIGHT atau CROSS. Kedua susunan ini berbeda, dimana kabel STARIGHT tersusun atas warna Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat (dari kiri ke kanan). Sedangkan kabel CROSS terdiri atas susunan Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat. Keduanya juga memiliki fungsi yang berbeda dimana kabel STRAIGHT digunakan untuk menghubungkan hub ke pc, switch ke router, dan switch ke pc. Sedangkan kabel CROSS digunakan untuk menghubungkan router ke router, hub ke hub, switch ke switch, pc ke pc, switch ke hub dan komputer ke router.


Untuk pemasangan kabel STRAIGHT memiliki pemasangan yang sama pada kedua ujung kabel, sedangkan untuk kabel model CROSS memiliki pemasangan kedua ujung kabel yang berbeda yang terdiri atas ujungnya model STRAIGHT dan CROSS dengan susunan warna yang berbeda pada ujungnya. Untuk cara pemasangan kabel UTP ini pada konektornya berikut ini adalah langkahnya:

1. Gunakan pemotong kabel lan yang kalian beli bersama tang crimping untuk melepas lapisan pelindung kabel lan/utp
2. Jepit pemotong pada kabel lan 4-5 cm dari ujungnya, lalu putar melingkar
3. Tarik atau lepas lapisan luar kabel LAN
4. Selanjutnya lepas dan luruskan kabel LAN yang terpilin
5. Susun kabel berdasarkan warna, divideo ini saya akan membuat Kabel Straight dengan susunan Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat
6. Luruskan dan rapihkan kembali kabel
7. Gunakan KONEKTOR RJ45A untuk mengukur panjang kabel yang harus dipotong
8. Tandai batas potongan kabel pada garis yang terlihat di konektor tersebut, lalu potong kabel
9. Rapihkan kabel sebelum memasukan pada KONEKTOR RJ45A
10. Masukan kabel pada KONEKTOR RJ45A sampai diujungnya
11. Masukan KONEKTOR RJ45A pada Tang Crimping, lalu tekan handler

Oke guys kini kabel LAN sudah terpasang pada KONEKTOR RJ45A, dan sudah dapat kalian hubungkan ke perangkatny. Sekian cara crimping kabel LAN atau kabel UTP, semoga artikel ini bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments