Cara Memperbesar Kapasitas RAM Menggunakan Virtual Memori Hard Disk

Salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas RAM di komputer/laptop yaitu dengan membuat virtual memori pada hard disk. Virtual memori adalah memori tambahan atau ruang kosong yang diambil dari hard disk dan berfungsi sebagai RAM. Virtual memori ini dikenal dengan istilah ReadyBoost yang tersedia pada windows 7, 8 dan 10. ReadyBoost sengaja disediakan untuk membantu meningkatkan performa komputer apabila memori RAM sudah penuh sehingga muncul peringatan "low virtual memory". Pada kondisi ini windows secara otomatis akan menggunakan Virtual memori dari hard disk untuk difungsikan dalam menyimpan dan mengirimkan informasi.

Di tutorial ini saya akan menjelaskan cara untuk meningkatkan kapasitas RAM (atau random access memory) menggunakan memori virtual dari hard disk kalian. Berikut adalah langkahnya:

1. Buka file explorer, klik kanan pada pc kalian  lalu pilih Properties
2. Selanjutnya klik Advanced System Settings
3. Klik Settings, Klik Advanced, Klik Change
4. Hapus centang "Automatically manage pagin file size for all drives"
5. Klik pada salah satu drive, kemudian klik Custom Size 
untuk membuat Virtual Memori
6. Kapasitas Virtual memori (paging file) biasanya 1.5 - 2 kali lebih besar dari RAM. Ram saya yaitu 4GB. Disini saya akan memasukan nilai 4000MB untuk Initial Size, Maximum size: 6000MB (atau 6GB)
7. Selanjutnya klik OK, klik OK lagi, Klik OK, klik OK lagi
8. Klik Restart Now apaila kalian ingin settingan tadi langsung diaktifkan di Windows.

Banyak orang yang beranggapan bahwa menambahkan vitual memori dapat membuat kecepatan komputer meningkat. Perlu diketahui bahwa menambahkan memori virtual pada harddisk tidak selalu membuat kecepatan pc menjadi lebih cepat, karena RAM lebih cepat mengirimkan informasi ke processor dibandingkan dengan hard disk. Namun menambahkan virtual memori hanya membuat lebih banyak ruang memori yang tersedia untuk program yang dijalankan.

Oke guys itu saja tutorial dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments