24 Malware di Temukan pada Aplikasi Android, Segera di Hapus

Kesekian kalinya, Google Play Store kembali di serang oleh malware yang ditemukan pada pada sejumlah aplikasi. Sekitar 24 aplikasi pada Play Store disusupi malware, dengan total aplikasi yang sudah didownload sebanyak 382 juta kali. Malware tersebut diduga berasal dari anak perusahaan Cina, Shenzhen HAWK, milik TCL Corporation, yang mengembangkan dan mendistribusikan aplikasinya ke Play Store. Adanya malware pada Play Store pertama kali diketahui oleh pengamat siber dari VPNPro yang mencoba melihat sejumlah ijin pada Anti-Virus yang digunakan oleh pengguna Android.

Aplikasi yang telah disisipi malware diduga cukup berbahaya apabila di unduh dari Play Store. Hal ini karena aplikasi tersebut meminta ijin yang tidak sesuai ketika diinstal sehingga dapat mengumpulkan dan mencuri data pribadi tanpa sepengetahuan pengguna. Selain itu juga terdapat Rogueware, yang dapat menampilkan notifikasi untuk memperbaiki sesuatu pada hp kemudian  menipu korban untuk mengeluarkan uang atau bahkan menyisipkan malware ke dalam sistem. 


Shenzhen HAWK sudah dikenal memiliki nama merah karena di tahun-tahun sebelumnya, telah ditemukan sejumlah malware dan spyware atas nama mereka seperti aplikasi Weather Forecast (>100 juta download), File Manager (>50 juta download), Sound Recorder (>100 juta download), Super Cleaner, dan Virus Cleaner. Aplikasi tersebut sebenarnya sudah ada di Play Store cukup lama, dan muncul kecurigaan setelah dilakukan audit keamanan pada sejumlah aplikasi Android. 

Laporan dari VPNPro ini telah ditindak lanjuti oleh Google, yang telah menghapus sejumlah aplikasi yang dicurigai terdapat malware. Google mengatakan bahwa mereka sangat serius dalam menindaklanjuti laporan keamanan dan pelangaran privasi. Berikut ini adalah 24 aplikasi yang telah diinfeksi oleh malware: 
Candy Selfie Camera, Candy Gallery, Calendar Lite,  Dig it, File Manager, Hi Security 2019, Hi VPN, Free VPN, Hi VPN Pro, Joy Launcher, Laser Break, Music Roam, Net Master, Private Browser, Puzzle Box, Soccer Pinball, Sound Recorder, Super Cleaner, Super Battery, Turbo Browser, Weather Forecast, Virus Cleaner 2019, World Zoo, Word Crossy, Word Crush
Apabila terdapat aplikasi diatas yang telah terlanjur instal di ponsel kalian maka sebaiknya segera dihapus, karena sangat berbahaya. 

Post a Comment

0 Comments