8 Tips Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Memiliki hp baru yang keren dengan spek yang tinggi merupakan dambaan semua orang. Namun tentunya hp tersebut tidak dibeli dengan harga yang murah, melainkan kalian harus merogoh kocek yang dalam. Apabila kita membeli hp yang mahal dengan dana yang terbatas, tentunya kita akan selalu waspada saat menggunakan hp agar tidak cepat rusak. Hp tentunya memerlukan perawatan agar tetap terjaga kondisinya dan awet digunakan dalam waktu yang lama. Namun tidak semua orang tau bagaimana cara merawat hp dengan benar. Sayang apabila hp baru yang kamu beli rusak, dan perlu diservis atau terpaksa beli hp baru. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara merawat hp kalian:

1. Pasang Layar Anti-Gores 
Gunakan lapisan pelindung anti gores atau screen protektor pada layar hp agar tidak mudah tergores apabila jatuh atau terkikis dengan benda lain. Lapisan pelindung ini dapat kalian ganti dengan yang baru apabila sudah rusak dengan harga yang lebih murah dibandingkan kalian harus mengganti screen hp. Anti gores juga dapat kalian pasang pada kamera belakang agar hasil foto tetap bagus selama digunakan. Gunakanlah anti gores yang sesuai dengan ukuran layar hp kalian sehingga tidak mudah terlepas.

2. Pasang Casing pada Hp
Gunakan soft case atau hard case untuk melindungi body hp agar tidak rusak apabila terjatuh. Hp sangat rentan terjatuh karena sering dibawa kemana-mana. Casing hp dapat mencegah kerusakan pada body seperti lecet atau tergores, serta dapat melindungi LCD yang terbentur di lantai, dan melindungi body dari kotoran dan debu. Apabila body kelihatan masih bagus, hp kalian akan terlihat awet seperti baru, sehingga harga jualnya tidak turun drastis.

3. Hindari Hp Over-Heat 
Hp overheat dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya yaitu meletakan hp di tempat yang panas, memainkan game berat atau streaming sambil cas hp, meninggalkan hp sambil di cas berlebihan, dan  menggunakan charger yang palsu atau KW. Apabila hp overheat atau panas berlebih, maka komponen pada baterai bisa rusak, dan baterai hp kalian bisa bocor atau mengembung. Sebaiknya hindari hal diatas, agar hp kalian tetap awet.

4. Perhatikan Hal-Hal Saat Charging 
Janganlah keseringan charging menggunakan power bank, laptop atau usb pada mobil dan motor. Arus pada kendaraan seperti mobil dan motor tidak stabil apabila sedang berjalan, hal ini dapat memicu kerusakan pada hp kalian. Penggunaan power bank sebaiknya menggunakan produk yang ori yang dikeluarkan oleh vendor. Sementara apabila kalian mengisi daya dilaptop, arusnya lebih lemah dan ini membuat baterai kalian menjadi rusak. Selain itu, jangan sering biarkan hp kalian lowbet sampai 0%, karena baterai dapat bermasalah sehingga tidak bisa lagi dicas.

5. Gunakan Casing Water Proof 
Gunakan water proof casing pada hp kalian agar tidak kemasukan air, apabila sedang hujan, atau kalian sedang mandi di kolam renang. Air yang masuk melalui sela-sela hp seperti speaker, aux, port charging dapat menyebabkan konslet dan menimbulkan kerusakan pada komponen hp termasuk baterai.

6. Letakan Hp di Tempat yang Aman
Letakan hp kalian di tempat yang aman agar tidak terjatuh atau tertindis benda yang keras. Jangan diletakan di pinggir meja atau pada saku yang pendek karena dapat terjatuh. Serta jangan juga letakan dibawah bantal saat tidur, karena suhu hp dapat meningkat karena bekerja mencari sinyal, akibatnya baterai akan menjadi panas dan mudah kembung. Menaruh hp dibawah bantal juga tidak baik untuk kesehatan karena pengaruh radiasi. Selain itu, sebaiknya hp jangan diletakan diatas benda elekronik seperti tv dan kulkas karena medan magnet dapat mempengaruhi layar LCD dari hp. Meski demikian saat ini sudah ada teknologi khusus pada hp untuk mengatasi pengaruh magnet pada layar hp.

7. Bersihkan Permukaan Hp Secara Berkala
Bersihkan hp secara berkala dari noda dan debu. Noda dan debu yang nempel pada body dan layar hp dapat membekas, sehingga kalian perlu membersihakan dengan menggunakan tissu yang lembut atau kain halus. Letakan sedikit alkohol pada tisu, lalu perlahan usap body dan layar hp. Jangan gunakan air atau tisue basah karena bisa merusak layar hp kalian.

8. Jangan Sembarang Instal Apps dan Update OS
Jangan sembarang menginstal aplikasi pada smartphone kalian karena malware atau virus bisa masuk ke dalam sistem. Hapus aplikasi yang tidak penting dan aplikasi yang memakan sebagian besar memori kalian. Hapus juga file sampah yang tersimpan pada RAM kalian. Selain itu gunakan antivirus terpercaya untuk memeriksa keamanan sistem dari malware dan virus. Biasanya malware atau virus dapat menyebabkan hp kalian menjadi cepat panas, karena menggunakan RAM dan GPU tanpa sepengetahuan kalian. Selain itu lakukan update pada aplikasi dan OS untuk memperbaiki bug pada sistem file di hp kalian.

Post a Comment

0 Comments