Cara Defragment Untuk Mengoptimalkan Kinerja Hard Disk di Windows 10

Salah satu cara untuk menjaga agar performa komputer tetap berjalan optimal yaitu dengan melakukan defragment pada hard disk. Ketika kita menggunakan komputer, ada banyak aktivitas yang dilakukan seperti menginstal software, download file, memindahkan file, menghapus file dan lain sebagainya. Pemakaian komputer dalam waktu yang lama tentunya dapat menurunkan kinerjanya, sehingga komputer kita akan mulai terasa lemot. Salah satu fakor yang menyebabkan komputer melambat, yaitu adanya fragment data yang tidak terorganisasi dengan baik alias terpecah pada lokasi yang berbeda. Ini menyebabkan komputer, harus mencari-cari bagian fragment data yang terpisah pada hard disk.

Untuk mengatasi masalah ini kalian perlu secara rutin melakukan defragment hard disk. Tujuannya yaitu untuk mengembalikan fragment yang terpecah ke lokasi awalnya, untuk memudahkan pencarian dan pengorganisasian data di windows. Defragment dapat kalian lakukan sekali dalam 1-3, secara berkala. Untuk defragment hard disk caranya sangat mudah, kalian dapat menggunakan aplikasi yang sudah tersedia pada Windows. Berikut ini saya akan jelaskan cara defragment di Windows kalian:

1. Buka Contol Panel, melalui kolom pencarian di Taskbar
2. Selanjutnya klik System and Security
3. Klik Administrative Tools, pilih Defragment and optimize your drive
4. Klik pada salah satu drive, lalu tekan tombol Analyze
5. Apabila drive kalian ada yang fragmented maka klik tombol Optimize
6. Tunggu prosesnya sampai selesai, dan lakukan analyze dan optimize pada partisi drive yang lain.

Oke guys demikian cara defragment untuk meningkatkan kinerja hard disk di komputer, semoga tutorial ini dapat bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments