Cara Menghapus Folder System Volume Information yang Terinfeksi Virus

Folder system volume information umumnya ditemukan pada partisi drive kalian. Folder ini akan terlihat apabila kalian menampakan folder yang dihidden pada pengaturan sistem. System Volume Information ini menyimpan titik pemulihan sistem atau System Restore serta informasi sistem file lainnya. Folder ini digunakan untuk mengatur fungsi sistem di windows dan juga menyimpan database yang digunakan untuk pencarian file. Folder ini tidak dapat dibuka atau dihapus secara normal, kalian akan menerima informasi error "Access is denied" apabila mencoba mengakses folder tersebut. Meskipun kalian sudah berusaha menghapusnya, folder ini akan tetap dibuat kembali oleh sistem operasi di windows dalam kondisi hidden.

Namun seringkali, dalam folder System Volume Information terinfeksi oleh virus yang dapat dideteksi oleh anti-virus. Namun karena folder ini terproteksi, kalian tidak dapat menghapusnya secara normal. Folder ini tentunya berhubungan dengan System Restore, sehingga sebelum menghapus sebaiknya kalian perlu menonaktifkan System Restore di Windows. Untuk menonaktifkan System Restore berikut adalah langkahnya:
1. Buka file Explorer, kemudian masuk klik kanan pada This PC, lalu klik Properties
2. Klik Advanced System Settings, lalu klik System Protection
3. Klik Configure, pilih Disable System Protection, lalu klik OK

Setelah mematikan System Restore, maka restore points di windows kalian akan dihapus. Langkah selanjutnya kalian dapat menghapus folder System Volume Information yang terinfeksi dengan mengikuti langkah berikut:
1. Masuk ke Command Prompt
2. Cari tahu directory flashdisk misalnya di H: J: atau I:
3. Selanjutnya pada command promot ketik nama directory mislanya H:
4. Ketik rmdir "system volume information" /s /q lalu tekan enter

Sekian tutorial cara menghapus folder System Volume Information, semoga tutorial ini bermanfaat. Lihat video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

1 Comments

  1. saya sudah melakukan itu tapi akses ditolak, solusinya gimana

    ReplyDelete