Cek Peta Sebaran dan Statistik Dampak Virus Corona Secara Real-Time

Wabah Virus Corona yang berasal dari Wilayah Wuhan Cina pertama kali diumumkan oleh WHO pada tanggal 9 Januari 2020. Virus ini dikenal dengan nama resminya dari WHO yaitu COVID-19, dan gejalanya mirip dengan virus SARS yang menyebabkan masalah pernafasan.  Wabah ini diprediksi berasal dari pasar Huanan di wilayah Wuhan.  Keberadaan virus yang melular melalui udara ini sebenarnya sudah dilacak sejak Desember 2019. Saat ini COVID-19 sudah banyak menelan korban di Cina dengan total kematian mencapai 1527 orang, dengan total terinfeksi yang dikonfirmasi di dunia mencapai lebih dari 67,000 kasus. Wilayah terparah berasal dari Provinsi Hubei, Cina, dimana total kematian yang disebabkan oleh COVID-19, yaitu sebanyak 1457 orang, atau sekitar 95.4% dari total keseluruhan (per tanggal 16 Februari 2020).

Virus ini menyebar begitu cepat ke berbagai daerah di dunia, sehingga WHO menyatakan bahwa kondisi ini sangat darurat. Wabah virus Corona, yang menyebar, tidak hanya melalui akses maskapai udara dan darat, namun juga ditemukan kasus penyebarannya melalui kapal. Untuk mengatasi penyebaran virus dan memberikan hibauan ke masyarakat, sejumlah aplikasi dikembangkan oleh Cina untuk memungkinkan orang mengetahui daerah berbahaya dan resiko terkena wabah corona.


Aplikasi bernama Close Contact Detector membantu penggunanya untuk mengetahui seseorang yang telah terjangkit virus tersebut. Ada juga aplikasi lainnya, yang menyediakan data secara real time mengenai penyebaran virus Corona, baik yang dapat dilihat langsung secara online, maupun yang perlu di download, contohnya seperti Corona Virus App, Health Map, Corona Virus Tracker, dan Johns Hopkins CSSE Map. Aplikasi tersebut menyajikan informasi mengenai daerah sebaran Virus Corona, dampaknya, stats, dan lain-lain.  Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Indonesia juga telah meluncurkan aplikasi bernama Safe Travel untuk menghimbau dan melindungi warga Indonesia yang bepergian ke luar negeri.

Terkait penyebaran Virus Corona, kalian bisa melihatnya pada peta pelacakan yang dibuat oleh Johns Hopkins CSSE dan timnya. Peta ini menunjukan daerah-daerah yang telah terkonfimasi terkena dampak virus corona, jumlah kasus pada masing-masing daerah, total kematian dan penyembuhan pada masing-masing daerah beserta nilai statistik dan analisisnya secara real-time. Data ini tentunya, sangat bermanfaat sebagai upaya mitigasi dan penanggulangan dampak virus corona yang penyebarannya sangat cepat. KLIK DISINI ini untuk mengecek peta kasus yang disebabkan COVID-19 oleh Johns Hopkins.

Post a Comment

0 Comments