Google Memperkenalkan Versi Pengembang Android 11 di Februari 2020

Google secara resmi memperkenalkan produk terbarunya yaitu Android 11 di bulan Februari 2020, lebih cepat dari yang biasanya di bulan Maret. Sistem operasi Android 11, sementara ini masih memperlihatkan preview pengembang, dan kemungkinan versi  finalnya yang stabil akan dihasilkan pada quartal ke tiga tahun ini. Versi ini tentunya belum dapat digunakan oleh pengguna secara umum, meski demikian, namun hanya diperlihatkan untuk para pengembang aplikasi untuk menilai dan menguji sistem operasi Android 11 ini.

OS terbaru dari Google: Android 11
Pada keluaran ini, sepertinya Google tidak banyak melakukan perubahan yang mendasar pada User Interface (UI) dari Android 11 dibandingkan tahun sebelumnya. Biasanya perubahan besar pada UI dilakukan pada setelah 2 tahun sekali.

Jaringan dan Konektivitas 
Adapun hal dan fitur menarik pada versi ini yaitu dari segi konektivitas. Google mendesain Android 11 untuk mendukung koneksi 5G pada ponsel yang akan keluar tahun ini. Versi yang baru ini akan hadir dengan Interface yang mendukung kecepatan dan latensi dari 5G. Pengembang dapat mengukur kecepatan konektivitas dari operator, sehingga aplikasi yang dijalankan dapat menawarkan peningkatan pada kualitas resolusi. Interface yang baru ini juga memungkinan pengembang untuk mengukur kecepatan bandwidth dari sisi upstream dan downstream.

Display dan Notifikasi
Sementara itu, Android 11 juga akan mendukung sebagian besar hp dengan layar pinhole pada kamera dan layar waterfall yang memiliki layar lekung pada interfacenya. Google juga melakukan perubahan pada notifikasi dengan membuat bubble atau notifikasi gelembung sehingga percakapan dapat muncul dan terlihat secara langsung. Pengguna juga dapat menambahkan gambar pada notifikasi yang dibalasnya,  konsep ini tentunya mirip seperti FB massenger.

Privasi dan Keamanan 
Disamping itu, ada tambahan mengenai keamanan dan privasi pada aplikasi dimana pengguna akan memperoleh notifikasi untuk memberikan izin sekali pada aplikasi yang ingin mengakses lokasi, kamera dan mikrofone kalian. Ini untuk menjaga privasi pengguna, agar aplikasi tidak berulang kali meminta ijin yang sama, dan apabila pengguna menolak sebanyak 2 kali maka otorisasi ulang dapat dilakukan pada pengaturan.

Perekaman Layar dan Mode Gelap
Hal yang menurut saya menarik dari Android 11 ini yaitu tersedianya Screen Recording. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna, tanpa perlu mendownload aplikasi di Play Store. Apalagi fitur ini penting bagi kalian para gamers, atau kalian yang ingin membuat tutorial di smartphone. Ditambah lagi pada Android 11 ini, pengguna akan dimanjakan dengan mode Gelap atau Dark Theme, sehingga tampilan terlihat lebih nyaman khususnya pada malam hari.

Post a Comment

0 Comments