Microsoft Memperkenalkan Icon Baru Berwarna yang Lebih Menarik pada Windows 10

Microsoft telah memperkenalkan kumpulan icon terbarunya di sistem operasi Windows 10. Icon baru tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan pada Windows 10X. Icon yang dirilis memiliki tampilan yang berbeda dari icon sebelumnya yang didesain dengan nuansa baru moderen dengan penuh warna, simpel dan futuristik. Perubahan icon ini memang sudah direncanakan oleh perusahaan tersebut, dan baru setelah 5 tahun barulah diperkenalkan ke publik. Perombakan icon ini sama halnya seperti yang dilakukan oleh Microsoft pada icon Officenya beberapa waktu yang lalu.

Microsoft juga akan berupaya dalam beberapa bulan ke depan mendesain lebih banyak icon baru dengan nuasa yang sama. Hal ini karena di versi Windows sebelumnya, icons yang dibuat terkesan berbeda dan sedikit old fasion, sehingga mereka berupaya membuat icon yang sederhana untuk Windows 10. Microsoft memilih mendesain ulang ikon monochrome yang dirancang dengan lebih banyak warna, bayangan dan gaya yang sedikit berbeda (ujungnya sedikit melengkung) sehingga mudah dibedakan dari icon-icon yang ada di sistem untuk membantu pengguna dapat memindai dan menemukan aplikasi yang tepat. Icon-con yang didesain mencakup aplikasi bawaan Windows seperti Calender, Maps, Photos, Mail, Edge, Note Pad, Snip & Sketch dan beberapa aplikasi lain. Perubahan visual yang dilakukan Microsoft ini disebut dengan istilah Fluent Design. Desain ini beranjak dari desain sebelumnya yang dikenal dengan nama Modern Design Language. 

Icon Fluent Design (Sumber: Microsoft)
Microsoft meresa pendekatan ini diperlukan untuk merubah gaya pada perangkat dan lintas platform mereka yang lain agar terlihat lebih moderen, namun tetap mempertahankan ciri-ciri yang mudah dikenali oleh penggunanya. Microsoft juga berencana untuk menggunakan ikon dan desain yang sama untuk aplikasi iOS, Android, dan macOS.

Ikon warna-warni yang baru dirancang agar terlihat pola dan gradasi warna yang lembut namun familiar, dan terlihat serupa, namun tetap mencirikan sistem operasi Windows yang sebelumnya sudah dikembangkan dalam upaya mengembangkannya. Versi Fluent ini memiliki tampak yang lebih menarik ketimbang versi monochrome, hal ini merupakan perubahan besar yang dilakukan Microsoft sebagai komitmennya untuk memuaskan penggunanya. Ini merupakan sebuah tantangan bagi Microsoft yang ingin berinovasi namun tetap menjaga inovasi yang sudah dilakukan oleh pengembang sebelumnya. 

Meski demikian, desain icon dari Microsoft ini masih terlihat kurang cocok dengan Live Tiles yang terdapat pada Start Menu. Live Tiles terlihat kaku dan kurang moderen, sehingga harapnya Microsoft dapat merubah tampilan Live Tiles, Start Menu dan Task Bar, sehingga pola icon yang baru dapat mengikuti perubahan yang lain agar terkesan lebih moderen dari versi sebelumnya.

Post a Comment

0 Comments