Solusi Mengatasi Write Protected pada Flashdisk

Helo guys apakah kamu pernah mengalami kondisi dimana flashdisk kamu write protected. Write Protected adalah suatu pengaturan dimana flashdisk terkunci atau terprokesi, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan flashdisk seperti menyimpan, menghapus atau mengedit data. Flash disk yang statusnya write protected apabila digunakan akan muncul tulisan peringatan "The disk is write protected, Remove write protection or use another disk".

Apabila flash disk kalian mengalami masalah seperti ini, sebaiknya jangan panik dahulu, atau membuang flashdisk. Sebenarnya kondisi flashdisk masih baik, hanya saja kalian perlu menghilangkan status write protected di flashdisk. Flashdisk yang write protected dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti virus, flashdisk corrupt, tombol switch write protected di flashdisk diaktifkan, dan lainnya. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini seperti mematikan switch write protected pada flashdisk, melakukan pengaturan pada registry editor, menggunakan software untuk mengubah status write protection, serta menggunakan Command Prompt untuk menonaktifkan status read-only. Di tutorial ini saya akan menjelaskan cara mengatasi write protected pada flashdisk melalui CMD.

1. Ketik CMD pada kolom pencarian di Taskbar, lalu klik kanan pada Command Prompt, kemudian pilih Run as administrator
2. Ketik diskpart pada CMD, lalu klik enter
3. Ketik list disk (cek dinomor mana lokasi flashdisk kamu)
4. Ketik select disk 2 (angka 2 adalah nomor lokasi flashdisk pada list disk)
5. Ketik attributes disk clear readonly 

Apabila berhasil, akan muncul tulisan "Disk Attributes Cleared Successfully". Untuk mengecek status flash disk ketik attributes disk pada Command Prompt. Akan nampak status READ ONLY pada flashdisk berubah menjadi NO.

Apabila pada langkah diatas belum berhasil maka artikel berikut ini untuk penjelasan lainnya:
https://www.techdidak.com/2020/01/cara-mengatasi-flashdisk-write.html

Oke guys sekian cara mengatasi write Protected pada flash drive kalian, semoga bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments