Tips Mengatasi Hp yang Kemasukan Air

Hp merupakan perangkat komunikasi elektronik yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Di zaman moderen seperti ini, setiap orang menggunakan hp untuk berbagai macam tujuan diantaranya sebagai alat komunikasi, hiburan, media informasi, media sosial dan lain-lain. Alat ini juga sering dibawa mana-mana, baik saat kita tidur, makan, mencuci pakaian, travelling, ke toilet, dan lain-lain, sehingga membuatnya sangat rentan terhadap berbagai resiko, seperti jatuh, kemasukan kotoran bahkan terkena air.

Meski saat ini, sudah banyak produsen hp yang membuat hp tahan terhadap air, namun hal tersebut hanya sebatas pada hp kelas high-end, sedangkan untuk hp murah (low-end), apabila kemasukan air, dapat menimbulkan kerusakan yang parah jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat.


Ada beberapa kemungkinan hp bisa tercebur atau terkena air, misalnya, terkena hujan, hp jatuh ke dalam wastafel, atau ke kolam renang, hp masuk ke mesin cuci, hp terkena banjir dan lain-lain. Apabila hal ini terjadi kepada hp kalian, maka jangan dulu panik. Ada beberapa langkah berikut ini yang perlu dilakukan di saat hp kesayangan kamu kemasukan air, agar kerusakannya tidak semakin parah.

1. Matikan Ponsel
Apabila hp tercebur air, maka jangan langsung nyalakan hp dan menekan tombol di hp sembarangan. Biasanya ketika kita panik, maka hal tersebut akan kita lakukan untuk mengecek apakah hp masih menyala atau tidak. Apabila ponsel kalian masih dalam kondiri menyala, segeralah mari hp tersebut, lalu lepas baterainya agar tidak terjadi konsleting listrik, kemudian lepas SIM card, dan SD card pada hp kalian.

2. Keringkan Hp
Pastikan hp dalam keadaan kering yaitu dengan membasuh menggunakan tissue atau kain kering yang halus. Keringkan bagian-bagian hp baik di luar maupun di dalamnya, termasuk LCDnya. Jangan langsung mengeringkan hp dengan cara menjemurnya dipanas matahari atau menggunakan hair dryer pada jarak yang dekat karena dapat merusak komponen penting di dalamnya. Jangan sering menggoyangkan hp saat mengeringkan komponen, karena pericakan air dapat masuk ke bagian yang lain.

3. Gunakan Beras atau Silica Gel
Sediakan wadah kontainer, kemudian letakan hp kamu di dalam beras atau silika gel, lalu tutup kontainer tersebut. Baik beras atau silika gel dapat menyerap air atau kelembapan pada hp kalian. Biarkan hp tersebut 2-4 hari, hingga benar-benar kering.

4. Bawa ke Tempat Servis
Setelah lakukan nomor 3, bersihkan komponen hp dari debu, rakit kembali komponen hp yang kalian lepas, lalu kemudian nyalakan hp. Apabila berhasil maka, hp kamu akan menyala normal kembali. Namun apabila hp dalam kondisi tidak menyala, sebaiknya kalian bawa ke tempat servis untuk diperiksa lagi kerusakannya.

Beberapa hal diatas dapat kalian lakukan sebagai langkah pertolongan pertama untuk mengurangi kerusakan yang lebih parah terhadap hp kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Post a Comment

0 Comments