Tips Menghemat Baterai Hp Agar Lebih Tahan Lama

Saat ini, smartphone sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar yaitu diatas 2000 mAh, Peningkatan kapasitas baterai oleh produsen hp, dikarenakan aplikasi, OS, dan hardware yang digunakan membutuhkan dukungan resource dan listrik yang lebih besar. Meski telah memiliki kapasitas baterai yang besar, tetap saja apabila kita tidak menghemat penggunaan baterai dengan mengurangi pemakaian resource (RAM, ROM, processor, dll) pada smartphone, maka dengan sendirinya hp kita akan lebih cepat mati, walaupun penggunaannya belum sampai seharian penuh.

Untuk menghemat baterai maka kita perlu mengurangi sebagian resource yang tidak dibutuhkan yang dapat menguras baterai kita. Berikut ini adalah beberapa tips cara menghemat baterai.

1. Matikan Aplikasi pada Background
Aplikasi akan berjalan dengan sendirinya pada background, apabila kita switch ke task lain. Membuka semakin banyak aplikasi pada hp akan membuat baterai lebih cepat boros. Apabila aplikasi yang kita buka tidak digunakan, sebaiknya dimatikan saja untuk menghemat bataerai. Apalagi apabila aplikasi gaming atau kamera sedang berjalan dibackgound, ini akan membuat baterai lebih cepat habis karena membutuhkan resource yang lebih banyak.


2. Kurangi Kecerahan Layar
Kecerahan layar dapat mempengaruhi penggunaan baterai pada smartphone. Semakin meningkatnya kecerahan, maka konsumsi baterai akan meningkat, sebaliknya semakin berkurangnya kecerahan layar, penggunaan baterai akan menurun. Apabila kita berada didalam ruangan yang lebih gelap, atau pada malam hari, sebaiknya kurangi kecerahan layar smartphone agar baterai tidak cepat boros. Disamping itu juga, intensitas cahaya yang rendah pada layar smartphone dapat membuat mata kita tidak cepat lelah. Kalian juga dapat mengurangi kecerahan secara terus menerus dengan mengaktifkan fitur dark mode pada hp. Di Android 10 ke atas sudah tersedia fitur Dark Mode yang dapat kalian gunakan untuk mengganti tema menjadi warna gelap.

3. Non-aktifkan Live Wallpaper dan Kurangi Widget
Memasang live wallpaper pada smartphone dapat membuat tampilan background menjadi lebih menarik. Live wallpaper adalah wallpaper yang bergerak atau memuat animasi. Penggunaan live paper pada layar hp dapat membuat pemakaian baterai meningkat. Sebaiknya gantikan live-wallpaper dengan wallpaper statis (tidak bergerak). Kalian juga sebaiknya mengurangi pemakaian widget yang dipasang pada layar, gunakan widget seperlunya saja untuk mengurangi pemakaian resources di hp.

4. Non-aktifkan Komunikasi dan Jaringan
Sebaiknya kalian menonaktifkan komunikasi atau sinyal yang sudah tidak digunakan sementara contohnya seperti WIFI, Bluetooth, Mobile Data, GPS (location), NFC, dan hotspot. Apabila kalian selesai menggunakan, matikan sinyal tersebut agar kalian tidak memboros baterai. Apabila kalian membutuhkan perangkat diatas, barulah dapat kalian aktifkan seperlunya saja.


5. Matikan Notifikasi dan Sinkronisasi
Ketika kalian mengintal aplikasi, biasanya aplikasi tersebut akan mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan ke kamu mengenai hal tertentu. Untuk menghemat baterai sebaiknya kalian non-aktifkan notifikasi dari suatu aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu penting untuk dilihat. Matikan juga fitur Sinkronisasi pada smartphone (Auto Sync) yang biasanya berjalan secara berkala pada background. Ketika fitur ini dimatikan, hp tidak dapat mengunduh atau mendownload informasi.

6. Hapus Aplikasi
Memiliki banyak aplikasidi smarphone, tentunya dapat membuat kita lebih flexibel dalam memilih dan menggunakan aplikasi yang kita sukai. Namun sebaiknya, hapus aplikasi yang jarang kalian gunakan, karena selain memakan memori dan ruang penyimpanan, aplikasi tersebut dapat membuat baterai menjadi lebih cepat habis. Gunakan saja aplikasi yang penting dan sering kalian gunakan pada smartphone. Periksa dan hapus aplikasi lain yang mencurigakan, menggunakan banyak iklan dan aplikasi yang tidak penting yang dapat mengkonsumsi daya baterai kalian lebih banyak.


7. Gunakan Power Saving
Umumnya fitur Power Saving sudah terdapat pada hp Android kalian. Biasanya muncul notifikasi untuk mengaktifkan fitur ini apabila baterai kalian sudah low. Untuk menghemat baterai, maka sebaiknya kalian aktifkan fitur ini sehingga kalian bisa lebih lama menggunakan hp sebelum benar-benar mati. Fitur Power Saving umumnya hanya mengaktifkan beberapa fitur pada smartphone seperti telpon, pesan dan lain-lain yang dianggap penting.

Oke guys sekian informasi dan tips mengenai cara menghemat penggunaan baterai pada smartphone, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain.

Post a Comment

0 Comments