7 Tips Jitu Meningkatkan Trafik Pengunjung Ke Blog

Trafik meningkat di blog profit bertambah
Ada beberapa cara yang kita perlu pahami lebih dahulu untuk meningkatkan jumlah trafik pengunjung di blog. Seringkali kita frustrasi karena artikel yang kita kerjakan memiliki jumlah pembaca yang sedikit, atau blog kita jarang dikunjungi meski telah lama kita buat. Tentunya hal ini jangan membuat kita menyerah karena ini merupakan tantangan untuk kita lebih maju dan bersaing. Untuk itu kita perlu bekerja dan mengatur strategi dalam membangun trafik kita ke blog, sehingga dapat memberikan lebih banyak keuntungan. Trafik pengunjung juga ditentukan oleh jenis atau topik blog yang kita kerjakan, apakah diminati oleh sebagian besar orang atau tidak? Namun juga ada beberapa hal teknis lain yang cukup penting dalam memperoleh jumlah pengunjung yang lebih banyak. Lantas apa saja yang perlu kita atur dan siapkan, berikut saya akan jelaskan 7 cara meningkatkan trafik ke blog sehingga dapat memberikan peluang peningkatan penghasilan.

1. Pikirkan Judul dan Isi Posting yang Menarik
Ketika membuat suatu tulisan, pikirkan judul yang menarik dan banyak dicari oleh pengunjung. Untuk itu carilah topik-topik yang menarik untuk dibuat suatu tulisan. Hal ini karena umumnya pengunjung terlebih dahulu melihat judul topik sebelum melihat isinya lebih lanjut. Buatlah judul yang memberikan rasa penasaran sehingga pengunjung mau mengklik untuk membaca artikel kalian. Bukan hanya judul namun yang terpenting adalah menghasilkan isi posting yang menarik dan memberikan kesan bahwa pengunjung mendapatkan informasi yang cukup dan bermanfaat. Luangkan waktu, dan buat postingan yang penuh dengan rasa semangat dan tuangkan pengetahuan kalian sebaik mungkin. Buat postingan yang lebih detail atau panjang sehingga lebih banyak informasi yang dapat dibaca oleh pengunjung. Ini juga akan memudahkan search engine menemukan artikel kita karena posting yang panjang memiliki keyword yang beragam.

2. Membuat Posting yang Lebih Banyak dan Berkala
Alangkah baiknya jika blogging merupakan hobi kalian, jangan membuat blogging adalah pekerjaan karena akan membuat kalian menjadi cepat bosan sehingga jarang menulis. Apabila kita semakin sering menulis atau memperbaharui informasi maka akan semakin banyak lalu lintas pengunjung yang masuk ke blog. Hal ini karena Google Search Engine memberikan prioritas yang tinggi untuk situs yang selalu mengupdate kontennya, setidaknya meninmal 2-3 kali dalam seminggu. Namun ingat juga terhadap kualitas posting, jangan sampai kalian lebih mendahulukan kuantitas dibandingkan kualitas konten kamu.

3. Promosikan Melalui Medsos
Berbagi konten kalian di media sosial dengan mengajak teman untuk mengikuti blog kalian. Bagikan postingan terbaru di medsos dan ajak mereka untuk berbagi ke teman yang lain. Media sosial adalah tool yang dapat kalian gunakan untuk berbagi informasi atau menyebarkan informasi agar lebih cepat diketahui dan dapat membantu meningkatkan trafik ke blog. Di media sosial ini seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain, kamu juga dapat menyebarkan kembali informasi (retweet) yang sebelumnya sudah dibagikan. Hal ini akan membantu orang lain yang belum membaca artikel kalian menemukan artikel yang terlewatkan.

4. Sertakan Gambar
Buat dan sertakan gambar atau foto yang menarik di setiap postingan blog kamu. Gambar akan membantu pengujung untuk lebih memahami artikel yang kalian tuliskan. Gambar juga membantu membuat konten kalian secara visual lebih menyenankan untuk dibaca. Buatlah judul atau deskripsi pada sehingga akan membantu pengunjung untuk menemukan foto yang mereka cari.  Gambar pada blog juga akan membantu meningkatkan trafik melalui search engine. Sertakan gambar atau foto yang bebas untuk digunakan tanpa melanggar hak cipta, yang dapat ditemukan di situs pixabay atau clipart.

5. Pilih Kata Kunci yang Tepat
Kata kunci merupakan elemen yang sangat penting dari suatu postingan, sehingga penggunaan kata kunci sangat diperlukan untuk memudahkan search engine menemukan artikel kita. Kata kunci dapat diletakan pada judul, halaman, gambar, dan tautan di artikel blog, sehingga pilih kata kunci yang sering  dicari atau digunakan oleh oleh pengunjung blog. Kata kunci yang tepat akan mendatangkan pengunjung blog yang lebih banyak, itu sebabnya orang sering mengatakan bahwa kata kunci merupakan denyut nadinya SEO. Ada beberapa tool online yang dapat kalian gunakan untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan di mesin pencarian seperti SEMRush, Ahrefs dan Google Keyword Planner.

6. Gunakan Tautan (Backlink)
Sering kali hal yang dihindari oleh blogger yaitu menggunakan tautan di blog mereka. Tautan merupakan elemen yang juga sangat penting dalam mempromosikan blog dan meningkatkan trafik melalui Search Engine. Dalam setiap postingan blog sebaiknya sertakan tautan yang menurut kalian penting untuk pengunjung mengetahui informasi lebih lanjut. Gunakan tautan antar postingan kalian, meski pada beberapa kasus tautan yang keluar blog kurang disukai oleh search engine. Untuk itu sebaiknya gunakan backlink atau tautan balik yang mengarah ke blog kalian. Apabila kalian memiliki informasi atau postingan yang menarik biasanya pembaca akan memberikan tautan balik ke blog kamu,  sehingga kamu memperoleh trafik yang lebih banyak. Sebagai contoh kalian dapat membuat tautan di Youtube yang mengarah ke blog kalian sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi yang lebih detail. Kalian juga dapat mengirimkan ke pengunjung tautan berlangganan via email  sehingga mereka tidak ketinggalan berita atau informasi.

7. Feedback Itu Penting
Seringkali banyak dari blogger yang mengabaikan komentar dari pengunjung. Padahal komentar merupakan unsur penting dalam suatu blog. Berkomunikasilah dengan pembaca karena mereka kemungkinan akan menjadi pelanggan kalian dan berkunjung balik. Jangan ragu untuk menjawab pertanyaan dan ajak mereka untuk berdiskusi. Disini blog kalian akan menghasilkan lebih banyak keyword atau kata kunci, dan akan membuat blog kalian lebih mudah terindeks dan mendapat perhatian lebih dari Google Search Engine.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments