Bagaimana Membuat Disclaimer untuk Blog dan Apa Fungsinya

Cara Membuat Blog Disclaimer
Sebelum membuat disclaimer untuk blog kamu, sebaiknya ketahui dulu apa yang dimaksud dengan disclaimer dan apa tujuannya?

Disclaimer adalah sebuah paragraph singkat yang digunakan untuk melindungi suatu informasi, pelayanan, bisnis, atau kekayaan intelektual dari suatu pelanggaran, penyalahgunaan, atau masalah yang ditimbulkan. Disclaimer adalah perlindungan terhadap tanggung jawab atau informasi yang kalian berikan yang diatur untuk melindungi hak kalian dari masalah yang dapat ditimbulkan dikemudian hari. Pembaca yang berkunjung ke blog kalian harus menerima syarat dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan isi disclaimer. Penggunaan disclaimer sangat penting dan juga bermanfaat untuk blog kalian, dan ini bergantung dari jenis blog yang kalian tulis. Sebuah blog memiliki tujuan dan konten yang berbeda sehingga isi disclaimer umumnya berbeda juga.

Tanpa disclaimer, blog kalian dapat terkena potensi masalah hukum atas informasi yang kamu berikan ke publik yang membaca posting kalian. Meski demikian, di Indonesia sendiri sudah ada UU ITE yang mengatur tentang penggunaan dan penyebarluasan informasi, sehingga meski telah dibuat disclaimer, kalian masih memiliki tangung jawab hukum dari situs yang kalian buat.

Dislaimer juga akan membuat blog terlihat lebih profesional dan meyakinkan bagi yang membaca konten kalian. Isi disclaimer tentunya berbeda, tergantung dari jenis perlindungan hukum yang kalian butuhkan dan informasi yang anda ingin sampaikan kepada pembaca. Ada beberapa contoh disclaimer yang dibuat tergantung dari isi konten web atau blog yang kalian tulis seperti: disclaimer afliasi, disclaimer medis atau kesehatan, disclaimer penjualan barang, disclaimer teknologi, disclaimer personal blog dan lain-lain.

Disclaimer juga merupakan bagian penting dalam memonetisasi blog atau web kalian, untuk tujuan komersial sehingga blog kalian dapat menghasilkan uang dari Google Adsense. Selain disclaimer, beberapa website yang ingin mendaftar di google adsense  juga mencantumkan informasi seperti about, contact us, privacy policy, dan map site. Ketika menulis disclamer sebaiknya kamu ketahui dulu apa isi dari konten kalian, lalu buat konsep sesuai dengan tujuan situs kalian. Disclaimer juga dapat dibuat dengan mudah melalui Disclaimer Generator. Langkahnya sangat mudah seperti dibawah ini:

1. Klik link disamping. http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/
2. Disini kamu akan mengisi informasi dalam Disclaimer Generator
Your Site Title: adalah judul blog kamu.
Your Site URL: URL dari blog kamu.
Contact Link: URL kontak pada halaman blog kamu (sebaiknya dibuat Contact Form pada blog kamu sebelumnya)
Email Address: email yang kamu gunakan untuk blog kamu.
Email Encryption: disini kamu dapat memilih apakah ingin emailnya dienkipsi dengan atau tanpa java script, enkrip email akan menyembunyikan dari spam.
3. Klik Generate Disclaimer, lalu copy isi disclaimer tersebut.
4. Masuk ke menu Halaman di blogger, lalu pilih penulisan dengan mode HTML, dan pastekan kode tadi, lalu publikasikan.

Apabila kalian sudah membuat disclaimer seperti diatas, ada baiknya untuk sedikit merubah kalimatnya agar tidak sama dengan blogger lain yang juga memanfaatkan situs tersebut untuk membuat Disclaimer. Kalian bisa menerjemahkan teks tersebut ke dalam bahasa Indonesia lalu mengubah kalimat di dalamnya sesuai dengan kebutuhan kalian. Hal ini kalian lakukan agar terhindar dari Plagiarisme dan duplikasi. Ingat bahwa cara diatas hanya sebuah contoh cara untuk membuat Disclaimer. 

Lebih lanjut lagi, di situs ini juga kalian dapat membuat Privacy Policy dan Term of Service menggunakan generator seperti diatas. Kalian hanya perlu menyertakan informasi terkait website/blog dan email kamu. Klik URL berikut untuk terhubung ke generatornya:
- Generator Privacy Policy
- Generator Term of Service

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments