Bingung, Apa yang Dimaksud dengan Konten ID pada Youtube dan Fungsinya?

What is Youtube Content ID Video
Mungkin kamu ada yang bertanya, apa itu yang dimaksud dengan konten ID youtube? Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat mengenai konten ID. Konten ID sendiri dapat diartikan sebagai identitas orisinal dari suatu konten yang berisikan video atau lagu yang dilindungi oleh hak cipta sebagai pemilik asli yang telah mendaftarkan hak ciptanya. Tujuan Konten ID ini tentunya untuk melindungi konten video agar tidak diduplikasi atau digunakan ulang oleh orang lain yang bukan pemiliknya. Pemiliki hak cipta yang memiliki konten ID ini tentunya dapat mengambil tindakan apabila menemukan pelanggaran terkait hak cipta misalnya seperti:


  1. Melakukan pemblokiran terhadap keseluruhan video
  2. Memonetisasi video dengan memasang iklan
  3. Menghapus atau menghilangkan audio dalam video
  4. Serta melacak statistik penayangan video yang diupload
Pemilik Hak Cipta tentunya mendapat banyak keuntungan dan tidak dirugikan apabila ada yang melanggar aturan terkait Hak Cipta. Namun demikian ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar channel kamu memiliki konten ID. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat konten ID:

  1. Pastikan akun ada sudah terverifikasi, dan pastikan bahwa video kalian secara keseluruhan adalah orisial termasuk video dan audionya.
  2. Daftarkan program permohonan verifikasi konten dengan dengan akun kalian.
  3. Daftarkan email kalian (harus menggunakan email perusahaan atau web kalian)
  4. Kalian perlu memiliki Hak Ekslusif dari perusahaan atau perorangan dengan domain web sendiri).
  5. Memiliki sinkronisasi antara channel Youtube dengan web kalian.
  6. Mengirimkan konten berhak cipta ke Youtube, sehingga referensi kecocokan dari video tersebut direkam pada sistem konten id youtube.
Dengan kepemilikan konten ID, maka youtube akan membandingkan dan mencocokan apakah video yang diupload orang lain melanggar Hak Cipta atau tidak. Apabila ada kecocokan maka pemilik konten yang sah akan diberi pilihan untuk mengambil kebijakan terhadap pelanggaran tersebut.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments