Cara Daftar Google AdSense dan Bagaimana Menghasilkan Uang dari Iklan AdSense

google adsense
Hampir sebagian besar blogger memiliki impian agar dapat menjadi Publisher Google AdSense, sehingga mereka bisa menghasilkan uang dari blog. Google AdSense merupakan suatu program periklanan yang dibuat oleh Google dan ditempatkan di situs atau blog. Iklan yang dipasang pada blog akan muncul dalam bentuk Google Ads atau Google AdWords. Google memberikan komisi melalui PPC (Paid per click) pada iklan yang ditampilkan di blog kalian. Iklan tersebut umumnya muncul dalam bentuk teks dan gambar yang cukup interaktif secara visual. Iklan yang ditayangkan pada blog umumnya akan menyesuaikan konten atau isi dari blog itu sendiri. Contohnya kalian membuat blog mengenai review gadjet, maka iklan kalian juga akan muncul dengan tema atau promosi hp terbaru, atau produk-produk elektronik. Iklan-iklan yang muncul juga akan menyesuaikan dengan pencarian yang dilakukan oleh pengunjung melalui Google Search Engine.

Meski demikian tidaklah mudah untuk menjadi publisher Google AdSense karena membutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh blogger untuk ikut berpartisipasi dalam program AdSense. Ada banyak blogger yang telah mendaftar program ini, namun tidak diterima sebagai publisher, atau harus menunggu waktu yang lama untuk mendaftar atau register ulang. Untuk itu sebaiknya apabila ingin mendaftar, saya anjurkan untuk membaca Persyaratan Kelayakan AdSense. Informasi ini tentunya akan sangat membantu dalam mempersiapkan hal-hal teknis dari blog dan konten kamu agar memenuhi kelayakan sebagai publisher. Salah satu persyaratan awal yaitu terkait usia, perlu diketahui bahwa apabila kamu ingin mengikuti Program AdSense, maka usia kamu harus lebih dari 18 tahun, namun jika usia kamu dibawah maka kalian dapat meminta orang tua atau wali untuk mengajukan pendaftaran. Beberapa blog menyebutkan bahwa untuk menjadi Publisher maka harus memiliki jumlah trafik yang tinggi, dan untuk mendatangkan pengunjung tentunya kalian harus membuat blog yang berkualitas dan berisi. Memang banyak sekali Program Adsense dari Google yang dapat kalian nikmati. Ada juga program AdSense lainnya yang ditawarkan sebagai alternatif pengganti dari Google AdSense.

Memang sangat menggembirakan apabila kalian sudah diapprove oleh Google untuk beriklan, namun semua itu butuh perjuangan dan kerja keras. Apabila kalian berhasil diterima, iklan kalian bisa dipasang dibeberapa Website dan kalian bekerjasama dengan website lain sebagai partner untuk menayangkan iklan kalian dengan pembagian komisi yang sudah disepakati. Ada beberapa website yang tidak menayangkan iklan, namun memilih untuk mempromosikan iklan Google AdSense di website lain, dan ini juga tentunya memberikan keuntungan bagi website lain untuk memonetisasi blognya. Mudah sekali untuk melakukan pemasangan iklan Google AdSense, yaitu kalian hanya menambahkan kode iklan di halaman yang dapat dilihat atau diklik.

Mendaftar Google Adsense
Untuk mendaftar di Google Adsense, kita harus mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan gmail kalian. Berikut adalah beberapa langkahnya:
  1. Masuk ke halaman Google Adsense 
  2. klik tombol Daftar Sekarang
  3. Pada halaman pendaftaran masukan URL situs kalian, misalnya www.techdidak.com
  4. Masukan lagi email kalian
  5. Pada opsi dibawahnya klik Ya, apabila kamu ingin mendapatkan info AdSense melalui alamat email.
  6. Klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
  7. Pada halaman selanjutnya pilihlah negara (Indonesia) tempat tinggal kamu.
  8. Centang kotak yang tertulis "Ya saya telah membaca dan menyetujui perjanjian"
  9. Setelah itu kalian akan masuk ke Halaman Beranda dari Google AdSense
  10. Edit info pelanggan apabila tidak sesuai dengan informasi pelanggan.
  11. Scroll ke bawah dan copy kode script iklan Adsense tersebut.
  12. Masuk ke halaman blog kalian di blogger, lalu pilih Tema >> Edit HTML.
  13. Pastekan kode diantara tag <head> dan </head> pada script template kalian.
  14. Masuk ke Tata Letak, tempelkan kode iklan juga ada gadjet anda (kode HTML situs).
  15. Kembali ke Halaman Google AdSense, scroll ke bawah lalu centang kotak "saya telah menempelkan kode ke situs saya", lalu klik tombol Selesai. Maka akan muncul pop up window yang menyatakan bahwa kode ditemukan dan menunggu proses pengaktifan akun.
Proses pengaktifan akun biasanya harus menunggu waktu 1 hari atau lebih untuk verifikasi. untuk itu sebaiknya periksa kembali email atau akun Google AdSense sampai sudah di approve. atau disetujui.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments