Cara Membuat Site Map atau Daftar Halaman di Blog Sesuai dengan Label

Site Map Blog Google Search Engine
Site map atau peta situs adalah daftar isi atau halaman dari suatu konten situs web atau blog yang dibuat agar pengguna atau mesin pencari dapat dengan mudah mencari artikel atau informasi. Site map dapat berupa daftar hirarki halaman yang tersusun berdasarkan suatu topik atau kategori yang terhubung dengan tautan pada postingan halaman sehingga dapat memundahkan atau membantu mesin pencari melakukan navigasi serta mengindeks halaman situs. Site map merupakan alat yang dapat membantu meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Peta situs penting bagi beberapa blog atau situs web yang menggunakan fungsi dari Adobe Flash atau JavaScript yang tidak menggunakan tautan HTML. Google dan beberapa mesin pencari (Search Engine) lainnya merekomendasikan tool ini untuk membantu menemukan dan menjelajahi semua halaman di suatu website.

Sitemap pertama kali diperkenalkan di tahun 90an dan merupakan komponen yang sangat penting dan bermanfaat dari suatu website. Dulunya site map merupakan suatu tool untuk navigasi namun saat ini site map lebih dikenal fungsinya dalam mendukung SEO. Manfaat lain dari site map juga yaitu memberitahukan mesin pencari bahwa ada perubahan atau pembaharuan pada sturkur dan informasi pada website. Informasi dan halaman site map juga penting untuk diketahui oleh mesin pencari khusunya untuk blog yang masih baru dan belum memiliki banyak backlink. Site map akan memberikan informasi kepada mesin pencari dari suatu halaman, seperti jenis informasi  dan pembaharuannya. Meski demikian site map tidak menjamin bahwa semua halaman di web akan dirayapi karena Google memiliki algoritma yang kompleks mengenai kapan dan informasi apa yang dirayapi. Berikut adalah beberapa alasan kenapa suatu blog atau web harus memiliki site map:
  1. Situs baru yang memiliki banyak tautan ekternal yang keluar dari blog
  2. Halaman postingan tidak terhubung baik satu sama lain atau halaman terisolasi
  3. Halaman baru yang memiliki perubahan yang besar
  4. Situs memiliki banyak halaman dalam jumlah yang banyak.
Berikut ini sobat, saya akan jelaskan bagaimana cara membuat site map dengan cara yang sangat mudah:
  1. Kopi kode script di bawah ini:
  2.  <script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.techdidak.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>
  3. Pada dashboard buka Halaman, klik Halaman baru
  4. Tulis judul Entri: Site Map
  5. Pilih penullisan dengan format HTML, lalu tempelkan kode yang sudah di copy sebelumnya,
  6. Ganti kode script berwarna merah dengan URL blog kalian
  7. Publikasikan halaman
  8. Kopi URL dari halaman Site Map yang sudah dipublikasikan dan letakan pada template kalian.
Site map yang sudah dipublikasikan akan muncul pada halaman blog kalian yang tersusun secara hirarki berdasarkan label pada blog kalian. Contoh site mapnya dapat kamu lihat dilink blog saya https://techdidak.com/p/site-map_28.html

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments