Cara Mengembalikan Kapasitas Flashdisk yang Berkurang

Flash disk merupakan media penyimpanan digital yang portabel dengan kapasitas yang beragam mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB. Ukuran atau kapasitas flashdisk umumnya tertera pada kemasan atau pada perangkat flashdisk itu sendiri. Kapasitas flash disk terkadang dapat berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya virus/malware yang menyerang flashdisk, dan flashdisk digunakan untuk menginstal ISO Linux. Virus dan malware dapat membuat format file dalam flashdisk berubah, mengurangi kapasitas flash disk bahkan membuat flash disk tidak terbaca sama sekali. Sedangkan apabila kalian menggunakan flash disk untuk dijadikan bootable disk untuk instal ISO Linux, maka kapasitasnya berkurang sesuai dengan volume program ISO Linux.

Apabila kapasitas volume penyimpanan flash disk berkurang, maka saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengembalikan kapasitas flashdisk seperti semula. Untuk mengecek kapasitas flashdisk kalian dapat dilihat di bagian properties dari flashdisk. Disini saya menggunakan program HDD Low Level Format tool untuk mengembalikan kapasitas yang berkurang kembali ke semula. Link download disini: https://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/HDDLLF.4.40.exe

Program pada link diatas tidak perlu kalian instal, karena merupakan program portable. Ikuti langkah berikut ini:
1. Klik pada drive flashdisk yang ingin kalian format., lalu klik Continue
2. Selanjutnya klik pilihan Low Level Format
3. Centang "Perform quick wipe......" lalu klik Format This Device
4. Selanjutnya klik Yes, lalu tunggu proses format hingga selesai
5. Buka flashdisk, lalu Klik "format disk", kemudian klik  "Start", lalu klik OK

Oke guys sekian tutorial mengenai cara mengembalikan kapasitas flashdisk yang berkurang, semoga bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments