Setting Privasi Akun Youtube Channel dari Pribadi ke Publik

Tutorial kali ini yang akan saya bahas yaitu mengenai mengatur settingan akun channel youtube kamu dari pribadi ke publik. Secara default apabila kamu baru membuat suatu channel, maka setelan yang kamu gunakan adalah pribadi. Setelan pribadi ini umumnya hanya kamu saja yang tau dan tidak diketahui oleh publik. Beberapa jenis pilihan (privasi) yang dapat diberitahukan ke publik mengenai channel kamu antara lain video yang kamu sukai, playlist yang kamu buat, dan subscription kamu. Kamu dapat mengatur 3 hal privasi tersebut, apakah jangan ditampilkan atau ingin ditampilkan? 

"Jangan tampilkan video yang saya sukai", untuk settingan ini kalian dapat menampilkan ke publik apa saja video yang kamu suka di Youtube. Apabila kalian menonaktifkan settingan ini maka video yang kamu sukai dari beberapa channel youtube lainnya akan muncul di playlist kamu serta di bagian beranda (harus disetting dulu dengan menambahkan bagian channel dibawahnya). Namun beberapa youtuber memilih untuk mengaktifkan settingan ini sehingga video yang mereka sukai tidak muncul pada halaman channel mereka, karena akan membawa pengunjung keluar ke halaman channel lainnya. Namun sebaiknya apabila kalian memiliki beberapa channel kalian dapat menggunakan trik ini untuk menyukai video di channel kamu yang lain. Untuk settingan lainnya yaitu "Jangan tampilkan playlist yang saya simpan", umumnya akan ditampilkan di halaman playlist dan beranda channel kamu. Kamu dapat membuat playlist dari video kamu ataupun video orang lainnya. Namun sebaiknya gunakan video kamu sebagai playlist sehingga kalian dapat menampilkannya di bagian halaman Beranda. 

Settingan satunya lagi sedikit berbeda dari yang sebelumnya yaitu "Jangan tampilkan subscription saya", artinya apabila kalian ingin jumlah subscriber kamu tidak ditampilkan pada halaman channel kamu atau disembunyikan maka kalian dapat aktifkan privasi tersebut. Jumlah subscriber ini muncul pada halaman video yang kamu buat, serta pada halaman utama channel kamu dan pencarian Youtube. Umumnya seseorang menyembunyikan jumlah subscriber mereka karena beberapa alasan, seperti tidak ingin sombong, jumlah subscribernya masih sedikit, gak ingin fokus ke jumlah subscriber dan lain-lain. Disamping itu apabila kalian memilih untuk tidak menampilkan subscription maka pada daftar list subscriber nama kamu tidak akan muncul di channel orang lain yang kamu subscribe.


Untuk mengatur privasi tersebut kalian hanya perlu masuk ke bagian settingan akun kalian atau tekan tombol gerigi pada Channel kamu ketika kalian menyesuaikan channel. Berikut saya akan jelaskan cara untuk mengatur settingan privasi channel kamu dari pribadi ke publik:

Setting Privasi Akun Youtube Channel dari Pribadi ke Publik
  • Masuk ke youtube, lalu login ke channel kamu
  • Klik tombol ikon profil disebelah kanan atas, kemudian pilih Channel Anda
  • Selanjutnya tekan tombol "SESUAIKAN CHANNEL"
  • Kemudian tekan tombol gerigi/gear disebelah tombol subscribe, untuk memunculkan halaman setelan channel
  • Dibagian bawah ada pilihan privasi yang kalian dapat atur. Untuk membuat semua privasi kamu menjadi publik maka geser tombol ke samping kiri.

Post a Comment

3 Comments

  1. Kok punya gw tombol jangan tampilkan privasinya ga ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai YouTube website. Jangan pakai yg aplikasi. https://m.youtube.com/channel/UC-hRc0TVHnY4u_KXLyxAuwQ

      Delete
  2. Boleh dong tanya..saya subscribe ke channel orang lain..tapi notifikasi subscribe saya tidak muncul di channel saya subscribe

    ReplyDelete