Cara Mencari Lagu Gratis (Bebas Royalti) untuk Vlog di Youtube

Teman-teman yang memulai membuat vlog di youtube tentunya akan mencari musik atau lagu agar videonya terkesan lebih menarik. Namun untuk youtubers yang baru, sobat harus memperhatikan apakah musik yang digunakan dilindungi oleh hak cipta atau tidak, pasalnya apabila sobat menggunakan musik hasil karya orang lain yang dilindungi hak cipta, kemungkinan anda akan diberitahukan, dibanned atau dihapus videonya, atau bahkan video anda tidak akan lagi dimonetasi. Untuk itu sobat perlu pastikan bahwa musik yang digunakan itu bebas copyright atau meminta ijin untuk menggunakan musik tersebut. Suara yang anda gunakan untuk video anda tentunya dapat difilter oleh youtube, jadi tetap sobat harus berhati-hati menggunakan karya orang lain.

Nah karena terkait masalah hak cipta tersebut, untungnya youtube sudah membeli lagu dan memberi lisensi lagu bebas royalty sehingga anda bisa menggunakan lagu ataupun efek suara tersebut. Meskipun demikian anda perlu memastikan apakah musik yang memiliki label bebas royalty tersebut memiliki lisensi Creative Commons atau berlisensi Public Domain. Musik yang memiliki lisensi CC tersebut perlu diberikan tanda artist attribution (sumber artist atau credit yang diambil lagunya) sehingga anda perlu membaca penggunaan lagu yang berlisensi tersebut.

Tentunya beberapa lagu yang gratis sobat dapat download atau gunakan langsung dari Youtube Audio Library. Di perpustakaan audio youtube ini semua musiknya Gratis!! namun ada beberapa musik yang perlu menyertakan credit atau attribution dalam youtube anda. Cara mendownload list lagu atau efek suara tinggal klik URL dibawah ini:
Youtube Audio Library: https://www.youtube.com/audiolibrary/music
Di audio library youtube sobat dapat mencari lagu atau efek suara yang ingin dimasukan untuk video anda. Lagu tersebut dapat sobat filter sesuai genre, attribusi, atau menggunakan tool telusuri. Untuk download langsung saja klik ikon download disebalah kanan dan simpan pada komputer anda.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments