Mengenal Fitur Kontribusi Komunitas dan Cara Kerjanya di Youtube

Kontribusi Komunitas Youtube Subtitle Judul
Ketika kamu memiliki video yang mempunyai cerita atau narasi yang ingin disampaikan ke jutaan penonton Youtube maka kamu perlu mengenal fitur Kontribusi Komunitas agar dapat diaktifkan. Penonton Youtube yang menyaksikan video kalian bukan hanya berasal dari Indonesia saja, mereka berasal dari berbagai belahan negara di dunia. Ada lebih dari satu milyar pengguna Youtube di seluruh dunia dengan menggunakan bahasa yang berbeda. Untuk meningkatkan jumlah viewers dan pengikut vlog kalian, maka bahasa yang kalian gunakan harus dapat diterjemahkan agar dapat dipahami dengan dikenali banyak viewers.

Dengan fitur Kontribusi Komunitas yang diaktifkan di Youtube, kalian dapat memperoleh manfaat secara langsung dimana video kalian dapat diterjemahkan oleh komunitas yang ada di Youtube tanpa kalian perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Fitur ini dirilis tahun 2015 dan telah membantu penonton untuk memahami bahasa asing. Dari fitur tersebut, komunitas atau kontributor youtube dapat membantu kamu untuk menambahkan beberapa elemen ke video kalian seperti subtitle video, caption video, deskripsi video dan judul video. Fitur Kontribusi Komunitas akan membantu video kalian lebih mudah menjangkau semua penonton serta memperoleh interaksi yang lebih banyak.

Bagi kreator youtube yang mengaktifkan fitur ini, kalian dapat langsung mengelola subtitle yang ingin di tampilkan. Pemirsa yang ingin memberikan kontribusi dapat membantu membuat subtitle apabila menyukai konten anda, dan ingin membantu menyebarkan informasi video kalian ke banyak orang. Mereka dan kalian dapat memeriksa dan menyetujui bilamana subtitle yang dibuat sesuai atau sudah tepat, sehingga youtube dapat menerbitkan ke konten kalian. Kamu juga diberikan opsi apabila ingin menerbitkan terjemahannya secara langsung, atau menolak sehingga dapat dilakukan perbaikan terhadap subtitle.

Dengan adanya fitur kontibusi komunitas ini, kalian tidak perlu banyak bekerja keras untuk membuat video yang mudah dipahami, karena ada hampir 1 juta kontributor dengan 76 bahasa di dunia yang telah menerjemahkan berbagai video di Youtube. Ada banyak kontributor yang ingin membantu ketika mendapati video kamu menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Dengan kata lain bahasa bukan lagi penghalang yang memisahkan viewers di seluruh dunia.

Untuk megaktifkan fitur tersebut maka lakukan beberapa langkah dibawah ini:
  1. Masuk ke Youtube Studio
  2. Klik menu Fitur Lainnya disebelah kiri window, lalu pilih menu Terjemahan dan Transkripsi
  3. Pada halaman kontribusi komunitas, pilih bahasa yang digunakan pada Video kamu, lalu pilih aktifkan pada semua video
  4. Sebarkan link kontribusi komunitas ke media sosial atau youtubers lain.
  5. Untuk melihat video kamu yang sudah diberi kontribusi dapat melihat pada tinjauan kontribusi di Video kamu.
Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments