Mengetahui Video Youtube yang Terkena Notifikasi Hak Cipta

copyright youtube video
Bagi sobat yang biasanya mengupload video game atau mengupload video youtube lain yang berisi lagu didalamnya (tanpa diubah) biasanya akan muncul notifikasi Hak Cipta. Notifikasi atau klaim hak cipta merupakan suatu pemberitahuan bahwa anda menggunakan konten yang berisi hasil karya orang lain dimana pemilik hak cipta juga melakukan monetisasi musik tersebut.

Pemegang hak cipta musik tersebut berhak menentukan kebijakan dalam penggunaan musiknya di video anda. Beberapa pemegang hak cipta akan mengambil royati video anda karena penggunaan musiknya. Pemberitahuan ini juga dapat berubah tergantung kebijakan pemegang hak cipta dimana mereka dapat meminta youtube untuk melakukan penghapusan video anda karena pelanggaran terhadap hak cipta. Pemegang hak cipta juga dapat mengambil kebijakan untuk penghapusan youtube anda.

Untuk itu sebelum sobat mengerjakan dan mengupload video di Youtube, ada baiknya untuk mengecek notifikasi Hak Cipta. Caranya saudara klik link dibawah ini:

Notifikasi Hak Cipta: https://www.youtube.com/my_videos_copyright?o=U&ar=2

Apabila sobat melanggar hak cipta, maka akan muncul jenis video yang diclaim. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut pada bagian kanan video ada link "Mencakup konten berhak cipta". klik link tersebut. Di dalamnya akan ada informasi terkait klaim konten yang lebih detail seperti:

  1. Jenis konten: konten yang diklaim yang berisi rekaman bukti hak cipta
  2. Penggugat: pihak yang menggugat anda.
  3. Kebijakan: aturan yang diberlakukan oleh pemegang hak cipta.

Sobat terkait poin nomor 3 (Kebijakan), maka ada beberapa tindakan yang sobat dapat ambil seperti membuang lagu, menukar lagu dengan yang baru, tidak melakukan apa-apa, berbagi pendapatan dan menolak klaim. Biasanya pemegang Hak Cipta masih mengijinkan video anda dimonetisasi namun hasilnya untuk mereka sendiri atau dibagi. Namun jangan memilih ajukan penolakan jika konten tersebut bukan milik anda dan anda tidak memiliki bukti yang valid. Hal ini akan membuat video anda dihapus dan akun mendapat teguran terkait Hak Cipta.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.


Post a Comment

0 Comments