Mengganti Domain Blogspot menjadi .com, serta Proses Pendaftaran dan Pembelian Domain di Niaga Hoster

Mengganti domain blogspot Menjadi .com DNS
Domain merupakan suatu alamat situs yang unik yang berfungsi sebagai  IP Address suatu hosting. Alamat tersebut nampak pada URL browser yang kalian gunakan. Domain Name System atau Sistem Nama Domain (DNS) memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses server dengan mengingat nama, dibandingkan harus memasukan sederatan angka IP Addresss. Domain diibaratkan alamat rumah dari suatu web atau blog yang dapat diakses melalui jaringan internet. Domain memiliki berbagai ekstensi yang beragam seperti .com, .org, .net, .edu dan lain-lain. Pemilihan nama domain sebaiknya perlu dipertimbangkan  agar mudah diingat. Penggunaan domain dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), dimana mereka bertanggung jawab dalam mengatur Sistem Nama Domain (DNS) di Internet . Domain dapat dibeli dari penyedia domain atau domain provider, namun apabila nama domain kalian sudah terdafar maka kamu harus memilih nama lain atau dapat menggunakan ekstensi domain yang lain.

Jika kalian ingin melakukan custom atau pengalihan domain dari blogspot, wordpress, atau lainnya ke top level domain (www). Penggunaan top level domain akan membantu search engine mengindex konten blog kalian. Namun perlu diketahui bahwa untuk pergantian domain tersebut kalian harus mengeluarkan sedikit biaya. Ada banyak webhosting yang tersedia yang dapat kita gunakan untuk menyewa domain diantaranya seperti Hostinger, Jagoan hosting, Domainesia, Dewa Hosting, Rumah Web dan Niaga Hoster. Untuk beberapa situs diatas saya mempercayakan Niaga Hoster sebagai domain provider blog ini karena harganya yang sangat murah dan pelayanannya yang optimal, serta domainnya sudah langsung terdaftar atau terakreditasi di ICANN. Disini saya mengganti domain saya dari blogspot menjadi .com, berikut beberapa langkah yang dapat kalian ikuti:

Pendaftaran Akun di Niaga Hoster
  1. Buka situs Niaga Hoster, disebelah kanan atas browser klik tombol login, setelah masuk ke halaman login, klik tombol daftar sekarang (https://panel.niagahoster.co.id/ref/206267" target=).
  2. Masukan informasi pada form pendaftaran, yang terdiri dari email, password, nama lengkap, alamat, kota, kode pos, dan nomor telepon.
  3. Apabila pendaftaran berhasil kamu akan menerima notifikasi melalui email. Setelah itu login kembali dengan mengisi alamat email dan password.
Pembelian Domain 
  1. Pada Menu Navigasi di Halaman setelah login ke Niaga Hoster, klik Order Produk.
  2. Klik tombol Order Domain, pada halaman selanjutnya ketik nama domain kalian, lalu tekan tombol Cari Domain untuk mengecek ketersediaan domain
  3. Pilih jenis domain dan ekstensi yang kalian ingin gunakan, serta tentukan waktu registrasi domain (disertai harga sewa), akan ada tampilan mengenai besaran biaya pembayaran (Disini saya menyewa domian hanya satu tahun dengan biaya yang saya keluarkan yaitu Rp 125.000 + pajak).
  4. Klik tombol Tambah ke Cart, setelah itu scroll ke bawah lalu tekan tombol Selanjutnya.
  5. Scroll ke bawah lagi lalu tekan tombol Order Tanpa Hosting, akan muncul pop up window lalu klik tombol Selanjutnya. Dihalaman selanjutnya scroll lagi ke bawah dan klik Selanjutnya.
  6. Pada halaman Checkout, akan muncul informasi kamu dan pilihan pembayaran, pilih salah satu jenis pembayaran yang kalian ingin gunakan (disini saya memilih Transfer Manual).
  7. Scroll ke bawah halaman, lalu klik tombol Checkout Sekarang.
  8. Tekan tombol "Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran", kamu akan masuk ke halaman tagihan yang berisi invoice
  9. Scroll ke bawah dan perhatikan instuksi pembayaran. Untuk Transfer Manual telah tersedia beberapa bank sebagai pilihan transfer. Catat nomor rekening bank yang kamu gunakan untuk pembayaran, jumlah yang harus dibayar dan kode berita.
  10. Pergi ke ATM terdekat lalu lakukan pembayaran (waktu pembayaran paling lambat 6 jam). Simpan Bukti Pembayarannya.
  11. Setelah itu kamu login kembali ke Niaga Hoster, dan klik konfirmasi pembayaran pada menu Tagihan.
  12. Isi form Konfirmasi Tagihan yang terdiri dari Jenis Bank Tujuan Transfer, Bank Pengirim, Nomor Rek. Pengirim, Nama Pengirim, Tanggal Transfer, Jumalh Transfer, dan Terakhir Upload Bukti Pembayaran dalam format jpg, png, gif, atau pdf. Maksimum ukuran file bukti pembayaran yaitu 500kb, perkecil gambar jika terlalu besar. Kirimkan Form tersebut.
  13.  Kalian akan menerima notifkasi via email apabila transfer berhasil. Selanjutnya cek Order kamu dengan menklik menu Beranda pada tap navigasi. Perhatikan apakah order kalian statusnya Aktif atau Pending. Apabila Pending, kamu dapat menhubungi customer service untuk membantu mengaktifkan order kamu.
Pengalihan Domain dari Blogspot ke www.
  1. Login ke Blogger, pilih menu Setelan >> Dasar
  2. Pada bagian Publikasi - Alamat blog, klik link +Siapkan URL pihak ketiga untuk blog kalian.
  3. Tulis nama domain kamu contohnya www.techdidak.com, lalu klik Simpan
  4. Akan muncul CNAME 1 dan CNAME 2 
  5. Login kembali ke Niaga Hoster, klik menu navigasi Layanan.
  6. Klik tap DNS Management, scroll ke bawah lalu pilih tombol Custom Blogspot, maka akan muncul pop up window Custom domain untuk blog kalian.
  7. Copy kode Domain dari CNAME 2, lalu paste pada Custom domain di Niaga Hoster.
  8. Copy lagi kode value dari CNAME 2, lalu paste pada Custom domain di Niaga Hoster.
  9. Klik Save Changes, proses perubahan dapat memakan waktu 1-5 menit untuk mengganti semua konfigurasi dns record domain dengan konfigurasi dns blogspot.
  10. Apabila berhasil, akan ada notifikasi custom domain sudah berhasil, dan akan muncul domain kalian pada DNS Management.
  11. Selanjutnya kembali ke Blogger >>Setelan. Pada judul Publikasi >> Halaman blog, centang kotak alihan namablog.com ke www.namablog.com, lalu klik tombol Simpan dan tunggu proses pengalihan DNS hingga selesai (butuh waktu beberapa menit - jam)
  12. Apabila telah selesai, maka domain kalian sudah beralih ke domain .com, sehingga apabila ada yang mengakses domain lama kamu akan dialihkan ke domain yang baru
Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments