Mengaktifkan Layanan Monetisasi Konten Youtube Melalui Pendapatan Iklan

monetisasi youtube iklan
Sobat techdidak, kalau bicara soal monetisasi konten youtube pasti semuanya mau. Dengan melakukan monetisasi berarti kalian dapat menghasilkan uang lewat video kalian. Untuk memonetisasi channel kalian, maka konten kalian harus menarik dan memenuhi persyaratan yang diwajibkan oleh pihak Youtube. Kamu harus mendaftar dan diterima oleh program partner youtube. Youtube kalian tentunya akan ditinjau apakah sesuai dengan aturan dan kebijakan Youtube.

Dalam program Partner Youtube ada berbagai cara kita dapat menghasilkan tambahan income dengan beberapa fitur yang dibuat oleh pihak youtube diantaranya: pendapatan youtube premium, super chat, gallery merchandise, pendapatan iklan dan membership channel. Tentunya fitur-fitur tersebut dapat dijalankan apabila sesuai dengan persyatan hukum di suatu negara (Baca Selengkapnya)

Untuk fitur pendapatan iklan sendiri beberapa persyaratan yang diberlakukan Youtube yaitu minimal usia kamu harus 18 tahun atau terdapat wali yang sah untuk pembayaran melalui Adsense Youtube, selain itu kamu harus membuat konten yang sesuai dengan pengiklanan Youtube. Cukup dengan satu akun kalian dapat membuat beberapa channel untuk mengikuti program adsense. Berikut adalah rangkuman cara bagaimana mengaktifasi layanan monetisasi konten youtube kalian melalui pendapatan iklan kalian.

1. Buka Youtube dan login.
2. Pilih Channel Saya
3. Masuk ke Youtube Studio BETA
4. Pilih Creator Studio Klasik, lalu klik Lewati

atau klik link https://www.youtube.com/features untuk lewati langkah 1-4

5. Dibagian kiri ada dropdown menu, pilih Channel lalu pilih Status dan Fitur
6. Ada kotak Monetisasi dan terdapat teks "Menjadi mitra melalui monetisasi dengan menampilkan iklan di video kalian. Pelajari lebih lanjut"
7. Lalu pilih tombol Aktifkan
8. Apabila berhasil maka akan terdapat tulisan "Layak" dalam kotak tersebut.

Lebih lanjut lagi pengajuan keikutsertaan kalian dalam program ini membutuhkan waktu selama 1 bulan untuk mengidentifikasi kelayakan konten kalian. Jika channel kalian sudah mencapai target atau batas yaitu 4000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir dan 1000 subscriber maka channel kalian akan ditinjau langsung oleh pihak youtube. Apabila kalian diterima dalam program monetisasi maka akan ada notifikasi bahwa kalian telah bergabung dengan Youtube Program Partner (YPP). Namun apabila ditolak, akan ada notifikasi yang mengatakan bahwa channel kamu tidak memenuhi pedoman untuk monetisasi. Apabila demikian kalian masih dapat mengajukan permohonan kembali setelah 30 hari menerima notifikasi penolakan. Untuk itu jangan patah semangat karena youtube tidak akan menghapus channel kalian. Namun youtube dapat menghapus tersebut apabila selama enam bulan kamu tidak lagi mengirimkan postingan terbaru.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments