Apa itu Green Screen dan Mengapa Berwarna Hijau?

Dalam filim box office atau hollywood, green screen sering digunakanuntuk membuat efek animasi dan memudahkan efek visualisasi yang lebih menarik dan nyata. Green screen atau layar hijau sering juga dipakai oleh para youtuber dan juga gamers untuk membuat efek latar yang berbeda dari objek utamanya. Green screen biasanya dipakai untuk membuat efek subscribe button, animasi lucu, serta membuat latar menarik dari pembawa acara seolah berapa pada suatu ruangan atau tempat menarik. Green screen membantu agar membuat video nampak nyata dan menarik dengan memanipulasi background berwarna hijau dengan background lain. Green green juga digunakan dalam fotografi untuk menambah background yang menarik tanpa harus mengunjungi suatu lokasi.

Namun kenapa disebut green screen dan mengapa memakai latar berwarna hijau? Pada prinsipnya warna hijau dipilih karena dapat menyeimbangkan kontras dari pencahayaan terhadap objek utama yang ingin ditonjolkan, hal ini untuk memudahkan dalam mengedit atau memisahkan latar belakang dari objek utamanya. Sebenarnya untuk memisahkan latar belakang dari objek utamanya dapat menggunakan berbagai warna seperti biru, merah, ungu, pink dan lain-lain. Contohnya sebelum populernya screen green, para film maker sering menggunakan blue green (layar biru) untuk memanipulasi objek utamanya.

Saat ini latar hijaulah yang semakin banyak digunakan karena dapat memberikan hasil yang lebih baik terhadap pencahayaan dengan memisahkan pinggiran objek utama (orang) secara halus dari latar belakang. Tentunya pemisahan dapat dilakukan secara halus karena kalian tidak memiliki pigmen berwarna hijau pada tubuh kalian, kecuali kalian menggunakan baju berwarna hijau dengan green screen, maka tubuh kalian juga ikut terpisah apabila diedit.

Tentunya ada hal-hal yang perlu dan harus diperhatikan saat menggunakan green screen seperti pencahayaannya harus rata atau seimbang, objek utama dan latar belakang memiliki warna yang benar-benar berbeda, green screen sebaiknya berwarna hijau muda murni dan terang, dan lain-lain. Penggunaan green screen tidak hanya menggunakan kain berwarna hijau namun juga dapat dilakukan melalui software dengan mengedit latarnya, namun hal ini harus disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments