Melaporkan Blog Copy-Paste atau Pelanggaran Kebijakan AdSense ke Google

Saat ini banyak sekali website dan blog yang beredar didunia maya, yang juga memanfaatkan Google AdSense untuk menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Ada website atau blog yang membuat berbagai cara untuk mengakali Goole AdSense demi mendapatkan klik iklan yang banyak meski sebenarnya melanggar ketentuan kebijakan Program AdSense. Apalagi sekarang ini banyak bermunculan artikel copy paste (tanpa rewrite) yang memanfaatkan usaha orang lain untuk mencari keuntungan, juga beredar teknik yang disengaja dibuat untuk menipu pelanggan mengklik iklan Google AdSense, misalnya kalian masuk pada suatu halaman situs untuk mendownload, tapi pada halaman tersebut tidak terdapat link donwload, eh malah semuanya dipenuhi oleh iklan google AdSense. Sebenarnya masih banyak kebijakan AdSense yang sering dilanggar namun semuanya aman-aman aja kerena pengunjung jarang melapor. Sebelumnya saya pernah menulis artikel yang membahas tentang "Kebijakan Program Google AdSense yang Perlu Kalian Ketahui" yang pada dasarnya memberikan informasi kepada kita apa yang harus dan tidak boleh kita lakukan untuk dapat mengikuti program Google AdSense. Di artikel ini juga sama kita akan sedikit membahas mengenai apa yang dapat dilaporkan terkait pelanggaran AdSense.

Sebenarnya artikel ini saya buat hanya untuk tujuan edukasi saja, tanpa menjatuhkan publisher yang lain yang sudah berusaha untuk membuat jumlah tayang iklannya meningkat. Kalau menurut saya, hal yang paling merugikan seperti mencopy paste karya orang yang sebaiknya dilapor apabila mereka situs mereka menayangkan Google AdSense. Ada baiknya kalau kita membaca artikel lalu rewrite dengan akal dan pemikiran kita sendiri sehingga tidak merugikan orang yang membuat karya. Coba bayangkan kalau artikel yang kalian buat berhari-hari dicopy paste orang lain, pasti kalian akan kesal, apalagi kalau posisi tayang artikel mereka di mesin pencari Google lebih tinggi dari artikel kamu.

Disini saya akan memberikan informasi kepada kalian untuk melaporkan pelanggaran AdSense, sehingga si copy paste atau pelanggar kebijakan Google lainnya akan mendapat teguran untuk memperbaiki halaman atau artikelnya tersebut. Apabila mereka tidak melakukannya maka pemiliki blog tidak dapat lagi memonetisasi iklan melalui Google AdSense. Selain itu juga ada blog yang menggangu kenyamanan pembaca dengan menempatkan iklan melayang pada halaman sehingga menutupi ruang baca, nah itu juga sangat menggangu dan sebainya jangan dibuat demikian. Tapi kenapa perlu kita melapor?
  1. Pemilik blog dapat merugikan kamu maupun orang lain dan meraup keuntungan yang banyak tanpa merasa dirinya salah sehingga akan terus melakukan kebiasaan yang salah.
  2. Memberikan efek jerah kepada pemilik blog yang melanggar ketentuan Google AdSense sehingga bersedia memperbaiki blog mereka.
  3. Memberikan ruang dan informasi yang sehat, bermanfaat dan kenyamanan kepada pengunjung blog lainnya, sehingga tidak dirugikan secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Meski pihak Google AdSense secara rutin meninjau kepatuhan situs yang berafiliasi dengan mereka, namun mereka tidak dapat meninjau kepatuhan seluruh publisher karena sumberdaya dan kemampuan mereka terbatas, dan banyak artikel atau blog yang dibuat tiap hari, sehingga membutuhkan keinginan kita untuk melapor.
Langkah Melaporkan Pelanggaran Kebijakan Google AdSense

  • Untuk melaporkan pelanggaran kebijakan AdSense klik link berikut https://support.google.com/adsense/troubleshooter/1190500?hl=id
  • Pilih dan centang jenis pelanggaran Adsense, pilih ya apabila iklan yang anda lihat adalah iklan Google AdSense. 
  • Kemudian tekan link formulir ini untuk melaporkan pelanggaran kebijakan.
  • Isi formulir informasi kontak pribadi kalian, seperti nama lengkap, email serta status kalian (apakah kalian penayang AdSense, pengiklan Google Ads, atau bukan keduanya).

  • Di bagian detail pelanggaran, isi url (hanya satu url yang dimasukan - misalnya url artikel copy paste yang kalian baca, atau url halaman yang memuat unsur kekerasan, dll), kemudian pilih jenis media yang melanggar (apakah situs, situs seluler, video/game, atau feed).
  • Selanjutnya centang jenis pelanggaran dari situs tersebut. Apakah pelanggarannya berkaitan dengan unsur atau informasi dalam halaman yang dimuat, apakah pelanggaran berkaitan dengan kode dan perilaku iklan yang ditempatkan, atau ada informasi lainnya?
  • Selanjutnya isi detail pelanggaran di kolom paling bawah, disini kalian dapat menambahkan url halaman yang melanggar kebijakan AdSense. 
  • Setelah itu klik tombol Kirim
Apabila kalian sudah mengirimkan laporan akan muncul notifikasi bahwa form yang kalian kirim sudah berhasil diterima. Pihak Google AdSense akan selanjutnya menghubungi kita dan meninjau situs yang tidak patuh terhadap kebijakan mereka.

Post a Comment

0 Comments