Mengatasi Lagging atau Pelambatan Video saat Playback di Filmora 9

Ganas, Jengkel, Kesal, Malas, itulah perasaan dan kata singkat yang kita rasakan apabila mengedit video dan saat playback videonya terdapat time lag atau tersendat-sendat. Hal ini membuat kita harus menunggu dan tidak bisa mengedit video dengan baik. Apabila video kalian juga lagging, melambat, atau patah-patah saat playback saya punya solusinya, ini khusus untuk kalian yang menggunakan Filmora 9 seperti saya. Tentunya kita tidak boleh menyerah begitu saja dan berhenti berusaha apabila kita mengalami kesulitan. Apalagi kalau bermasalah seperti video lagging dan sulit diputar kembali saat playback. Mungkin ada yang berpikir dengan mengupgrade spek komputer atau laptop hal ini dapat teratasi, namun belum tentu benar.

Penyebab dari lagging dikarenakan kualitas video yang kalian gunakan memiliki resolusi yang tinggi, misalnya kalian menggunakan resolusi 4K, spek komputer kalian kurang memadai, kalian belum render videonya, kalian belum meningkatkan performance dari GPUnya. Untuk kalian yang menggunakan Filmora dibawah versi 9, kalian perlu Preview Renders sehingga dapat mempercepat playback timenya. Untuk kalian yang menggunakan Filmora 9 maka simak berikut ini cara mengatasi time lag saat playback video.

  • Pertama buka Aplikasi Filmora 9 di komputer kalian
  • Setelah terbuka masuk ke menu File >> Preferences

  • Kemudian Pilih menu Performance
  • Kemudian centang Enable GPU Acceleration pada bagian GPU (Graphic Processing Unit). 
  • Lalu Centang lagi "Automatically create proxies when media resolution is higher than, pilih saja resolusinya 1280 x 720
  • Kemudian klik OK

  • Setelah itu kalian masuk ke menu View >> Playback Quality >> 1/4, disini semakin kecil playback quality maka resolusinya akan berkurang dan proses playback akan semakin cepat, tinggal kalian pilih mana yang sesuai.
Jika langkah diatas kalian sudah lakukan, coba kembali playback video kalian. Hasilnya akan terlihat lebih baik dibandingkan sebelumnya dan kalian bisa semangat lagi untuk edit video nih.

Oke sekian dulu dan jangan lupa untuk ikuti atau subscribe blog Techdidak (klik "Ikuti" di sebelah kanan blog) jika posting ini bermanfaat, serta berikan komentarnya dibawah. Terima kasih.

Post a Comment

3 Comments