Cara Memeriksa Link Rusak atau Mati (Broken Link)

Apa itu Link Rusak, serta Penyebab dan Dampaknya pada Blog?
Broken link pada blog atau situs dapat memberikan dampak negatif terhadap performa blog kita, serta memberikan kesan yang kurang menyenangkan kepada pengunjung. Hal ini juga akan mempengaruhi menurunkan performa dari SEO blog kalian. Hal ini dikarenakan mesin pencarian Google tidak dapat bekerja dengan optimal untuk mengarahkan pengujung ke suatu URL. Seringkali link rusak ini kita abaikan, padahal kalian dapat memperbaikinya dengan mendeteksi link blog kalian dengan tools yang tersedia secara online. Pada link yang rusak atau broken seringkali pengunjung diarahkan ke halaman yang salah/error atau muncul error 404 (maaf halaman yang anda cari di blog ini tidak ada), sehingga tidak dapat memunculkan isi konten yang dituju. Link yang rusak juga akan memunculkan notifikasi 400 Bad Request, Bad Host, Bad Url, Bad Code, Empty, dll. Kesan link yang rusak dapat mengurangi jumlah pengunjung dan memberikan kesan yang mengecewakan. Link yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti halaman atau situs yang dituju sudah dihapus, salah input link, perubahan nama domain, dan ada perubahan terhadap link tersebut.


Memiliki broken link pada situs kamu adalah pertanda buruk karena ranking pencarian situs kamu diblog dapat menurun. Link yang rusak penilaian Google terhadap kinerja situs/blog kamu. Apabila kalian memiliki banyak link yang rusak, itu merupakan pertanda bahwa kamu mengabaikan blog kamu dan pengalaman pengunjung. Selain eksternal link, blog kalian juga memiliki internal link yang menghubungkan sesama konten kalian dalam satu domain. Link ini mempunyai peran dalam mengurangi bounce rate dan meningkatkan nilai SEO. Link yang rusak juga dapat membuat blog kalian tidak diterima oleh Google AdSense, karena mereka menilai blog kalian tidak profesional dan menganggap blog kalian memiliki reputasi yang buruk.

Cara Memeriksa Link Rusak/Broken di Broken Link Checker
Tool yang ada pada situs Broken Link Checker dapat kalian gunakan untuk memeriksa link yang rusak atau mati. Kalian dapat memeriksa berapa pun jumlah link di blog kalian untuk mengetahui link yang rusak (versi gratis hanya menawarkan pemeriksaan max 3000 halaman. Situs ini dapat memeriksa internal maupun eksternal link, dan akan menampilkan lokasi link rusak di HTML. Bagaimana caranya?
  • Langsung saja kunjungi situs https://brokenlinkcheck.com/ untuk memeriksa link kalian yang rusak.
  • Masukan URL blog kalian, lalu klik tombol "Find Broken Link"
  • Pada halaman selanjutnya masukan kode keamanan (security kode) sesuai dengan yang tertera disamping.
  • Lalu tekan tombol "Find broken links now!", tunggu proses scanning hingga selesai.
  • Apabila tidak ada link yang rusak maka akan muncul "Processed ...... web pages, found 0 broken links"
  • Apabila ada broken link maka akan muncul daftar link yang rusak dalam sebuah tabel. Kalian dapat melihat url link yang rusak, dan pada kolom "page where found", kalian dapat memilih url untuk melihat halaman broken link, atau tekan tautan "src" untuk letak spesifik link tersebut berada
 
  • Selanjutnya kalian tinggal hapus saja link yang rusak dari blog kalian dan menggantinya dengan yang baru.

Post a Comment

0 Comments