Cara Melihat dan Menghapus Histori Channel Youtube

Apabila kamu telah sign in atau masuk ke akun youtube pada channel kamu, setiap video yang kamu tonton akan tersimpan jejaknya dalam histori penyimpanan youtube. Apabila kamu sudah log out dari akun channel youtube kamu, maka jejak tontonan kamu tidak akan tersimpan di histori youtube. Jadi apa yang dimaksud dengan histori, dan apa saja yang tersimpan di histori youtube. Histori berfungsi untuk memberikan rekomendasi atau melacak kembali rekam jejak atau aktivitas kamu di suatu tempat. Histori memang tidak asing untuk kita karena histori memuat sejarah seseorang yang menjelajahi suatu ruang. Histori tontonan kamu tidak hanya tersimpan pada akun youtube channel kamu, namun juga tersimpan pada browser yang kamu gunakan. Kalian juga dapat mengatur histori dengan cara menghapus atau menjeda histori kalian di Youtube agar tidak diketahui oleh orang lain. Kalian dapat menghapus semua histori atau menghapus satu per satu item. 

Umumnya seseorang menghapus histori youtube agar orang lain tidak mengetahui apa saja yang kita tonton. Apalagi kalau yang ditonton videonya aneh-aneh? Histori youtube ini memuat beberapa jenis informasi diantaranya histori tontonan, histori penelusuran, komentar komunitas dan chat langsung. Histori tontonan memuat informasi mengenai video apa saja yang kalian tonton yang diurutkan berdasarkan waktu mulai dari yang terbaru hingga video tontonan yang lama. Sementara itu histori penelusuran berkaitan dengan informasi apa yang kalian cari pada kolom pencarian di Youtube. Histori komentar memuat komentar kamu dalam video yang kamu tonton, histori komunitas memuat informasi terkait postingan dalam komunitas. Sementara histori chat langsung adalah rekam jejak kamu saat melakukan live chat pada video youtube yang ditayangkan secara live. Ada dua cara untuk menghapus histori dari youtube, yaitu melalui situs youtube dan melalui My Activity di Google. Bagi kalian yang ingin menghapus histori youtube agar tidak diketahui silahkan ikuti langkah dibawah ini:

Cara Menghapus Histori Channel Youtube di Komputer 
  • Masuk, lalu login ke akun youtube kamu
  • Klik ikon menu tap di sebelah kiri atas halaman utama Youtube
  • Pilih menu "Histori"
  • Pada halaman history, apabila kalian ingin menghapus history satu per satu maka arahkan kursor pada histori aktivitas kamu lalu tekan tombol X, sehingga akan muncul notifikasi Item ini telah dibuang dari histori anda. 
  • Disebelah kanan halaman terdapat jenis history yang dapat kalian pilih dengan mengklik lingkaran. Untuk memilih beberapa jenis history tekan CTRL pada keyboard lalu klik beberapa jenis history yang ingin dihapus. 
  • Selanjutnya tekan Hapus Semua Jenis Histori Tontonan >> Hapus Histori Tontonan

Di bagian bawah terdapat fitur untuk Jeda Histori Tontonan. Apabila kalian menjeda histori, maka kalian akan sulit menemukan rekomendasi video yang pernah kalian tonton. Aktivitas atau histori kamu sebelumnya tidak akan dihapus apabila kalian hanya menjeda histori.

Post a Comment

0 Comments