Cara Menambahkan Layar Akhir di Video Youtube

Ada salah satu fitur yang menarik di Youtube, yaitu Layar Akhir. Fitur ini sebenarnya sudah banyak digunakan di konten Youtube, namun untuk Youtuber pemula fitur ini belum banyak diketahui. Layar Akhir adalah fitur yang ditambahkan pada layar video kalian di bagian akhir agar penonton dapat melihat video-video kamu yang lain. Layar akhir dapat membantu mengarahkan penonton untuk memperpanjang durasi tonton di video kalian yang lain, serta meningkatkan jumlah views dari video. Layar akhir menyediakan opsi untuk pengunjung agar dapat menikmati tontonan video kalian berikutnya. Kalian dapat membuat layar akhir untuk menghubungkan bagian video lanjutan atau sambungan sehingga pengunjung tidak perlu mencari bagian cerita video kamu yang lain.

Layar akhir umumnya ditempatkan pada 5-20 detik dari akhir video kalian. Untuk memasang fitur layar akhir kalian dapat lakukan melalui perangkat seluler. Disini tersedia berbagai macam jenis template untuk kalian pilih dengan mudah agar video blog kamu terlihat lebih profesional. Selain mempromosikan video lain, layar akhir juga digunakan untuk menampilkan daftar putar alias playlist kalian, meminta penonton untuk berlangganan channel kalian, mempromosikan channel lain serta mengarahkan penonton ke situs yang kalian tautkan. Untuk menambahkan tautan pada layar akhir, channel kalian harus bergabung dengan program Youtube Partner. Kalian hanya diperbolehkan untuk menampilkan maksimal 4 elemen layar akhir. Berikut adalah cara untuk membuat layar akhir di video kalian:

Cara Membuat Layar Akhir Video di Youtube

  • Masuk ke Youtube, lalu login ke akun channel kalian
  • Klik pada ikon channel kalian disebelah kanan atas, lalu masuk ke Channel Saya
  • Kemudian masuk ke Youtube Studio (Beta) >> Creator Studio Klasik
  • Pilih Pengelola Video >> Video, kemudian klik tombol Edit pada salah satu video yang ingin kalian tambahkan layar akhir.
  • Kemudian di bagian atas, pilih menu Layar Akhir
  • Klik tombol Tambah Elemen untuk menambahkan elemen baru pada layar akhir. 
  • Tambahkan Video atau Playlist dengan mengklik tombol Buat, kemudian pilih salah satu kategori video yang kalian inginkan contohnya Upload terbaru. klik pada lingkaran disamping, lalu tekan tombol Buat Elemen.
  • Pada layar pemutar Video akan muncul elemen (clip video) yang kalian tambahkan. Kalian dapat memperbesar ukuran ataupun menggeser elemen tersebut.
  • Klik tombol Tambah Elemen, dan pada bagian Subscribe tekan tombol Buat. Disini kalian akan membuat elemen untuk mengarahkan penontn berlangganan channel kalian. Tempatkan foto profil channel kamu di posisi yang kalian sukai. 

  • Untuk mengedit elemen atau menghapusnya, cukup klik ikon edit bergambar pena disebelah kanan, lalu lakukan perubahan. 
  • Kalian juga dapat memanfaatkan fitur "Gunakan Template" untuk membuat elemen pada Layar Akhir Video. Tekan dua kali elemen tersebut lalu lakukan perubahan dengan menambahkan video atau playlist.
  • Kalian juga dapat mengatur timeline atau linimasa dari layar akhir dengan menggeser toggle. Tentunya kalian dapat mengatur durasi dengan memperpendek durasinya dan mengatur posisi awal tayang dari layar akhir. 

Post a Comment

0 Comments