Cara Mengaktifkan Tema Gelap (Dark Mode) di Youtube

Apakah kalian tau mengenai fitur dark mode di Youtube? Youtube menambahkan fitur ini pada platform mereka yang dapat dinikamati melalui hp (untuk android maupun ios) atau pun komputer. Dark mode akan mode malam merupakan mode untuk membuat tampilan latar belakang atau halaman menjadi gelap, sementara warna teks menjadi warna putih. Sebelumnya fitur ini penggunaannya masih terbatas yaitu hanya tersedia pada versi desktop atau web saha, namun kini telah dapat digunakan oleh semua kalangan pengguna ios maupun android. Untuk menggunakan fitur ini pada hp kalian hanya perlu memperbaharui aplikasi Youtube yang terbaru yang dapat kalian download di Google Play Store atau iOS Store.

Tujuan Youtube untuk menambahkan fitur ini yaitu karena fitur ini sangat baik digunakan pada malam hari atau pada kondisi minim cahaya. Penggunaan latar warna putih seringkali membuat pengguna merasa silau, dan membuat mata menjadi cepat letih, untuk itu youtube merancang mode dark mode. Fitur ini mulai dirilis pada tahun 2018 dan kini sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna youtube. Apabila kalian ingin menggunakan mode malam di komputer atau dihp kalian silahkan simak tutorial berikut ini:

Cara Mengaktifkan Mode Malam Youtube di Desktop

  • Masuk ke Youtube, lalu login menggunakan akun kamu
  • Kik ikon profil channel kalian di samping kanan atas halaman
  • Scroll ke menu dibawahnya maka kalian akan melihat pilihan menu "Tema Gelap: Nonaktif " Klik menu tersebut.
  • Selanjutnya aktifkan mode mala dengan menggeser toggle disamping "Tema Gelap" menjadi warna biru (aktif). Secara otomatis ahalaman browser kalian di youtube akan berubah menjadi berwarna hitam/gelap.
Cara Mengaktifkan Mode Malam Youtube di Android


  • Masuk ke Youtube, lalu login menggunakan akun kamu
  • Klik ikon profil channel kalian disamping kanan atas halaman
  • Pilih menu "Setelan".
  • Klik bagian "Umum"
  • Di bagian bawah terdapat mode Tema Gelap, geser toggle tersebut ke samping kanan untuk mengaktifkan tema gelap.

Apabila kalian tidak dapat menikmati mode malam meskipun sudah mengaktifkan mode diatas, maka sebaiknya coba restart aplikasi youtube kamu dan bersihkan cachenya terlebih dahulu ya.

Post a Comment

0 Comments