Cara Mengambil Screen Shot (Copy Screen) / Cuplikan Gambar dari Layar di Windows

Screen shot atau mengambil gambar layar dapat kalian lakukan di komputer pc menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi. Screen shot umumnya dilakukan untuk menangkap aktivitas screen  untuk disimpan sesuai dengan keperluan. Orang mengambil screen shot dikarenakan berbagai alasan seperti ingin membuat tutorial atau panduan, ingin mengambil foto yang tidak bisa disimpan secara manual, ada momen penting yang terekam di layar screen dan lain-lain.

Screen shot berguna ketika kallian ingin menunjukan sesuatu kepada orang lain. Screen shot dihp umumnya diambil dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan. Hasil dari screen shot umumnya langsung tersimpan secara otomatis di default penyimpanan hp. Di komputer sendiri ada tiga cara mudah untuk mengambil screen shot di Windows 7,8,10, bahkan kalian bisa langsung secara otomatis menyimpannya apabila ada momen penting. Untuk itu mari kita simak ulasan dibawah ini:

Screen Shot Menggunakan Snipping Tool
  • Untuk menggunakan snipping tool, kalian dapat mencari di kolom pencarian di windows, yang biasanya terletak disamping kanan logo windows pada windows 10. Setelah itu kalian ketik "snipping tool", maka akan muncul appnya.
  • Klik app tersebut untuk membukanya. Di app ini kalian dapat mengatur Mode dan Display, untuk menggunakan mengambil screen shot. Kalian dapat custom ukuran area yang ingin diambil screen shot sehingga nantinya kalian tidak perlu crop kembali. 
  • Untuk mengambil screen shot kalian hanya cukup tekan tombol New, lalu crop area mana yang ingin di screen shot. Di app ini kalian bisa menggunakan tool seperti highligter, eraser dan pen untuk mengedit gambar screen shot, bahkan kalian bisa mengirimkan screen shot tersebut langsung melalu email Microsoft Outlook.
  • Setelah mengambil screen shot, langsung simpan dengan cara klik menu File >> Save As, simpan, berikan nama file lalu tekan tombol Save (ctrl + s).
  • Fitur terbaru dari Snipping tool ini yaitu Snip & Sketch yang dapat kalian temukan di Windows 10.

Screen Shot Menggunakan Print Screen (prt sc)
  • Untuk mengambil screen shot melalui print screen sangatlah mudah, karena cukup menekan tombol prt sc (Print Screen) pada keyboard. Secara otomatis windows akan menangkap layar full screen komputer kalian yang terbuka.
  • Gambar tersebut dapat kalian paste pada Microsoft Office, atau juga kalian dapat membuka aplikasi Paint pada windows, lalu paste (Ctrl + V). Untuk menyimpan cukup tekan tombol Save atau Ctrl + S.
  • Karena Print Screen merekam seluruh screen (full screen), maka untuk menyimpan sebagian gambar harus kalian crop terlebih dahulu.

Screen Shot (prt sc + logo windows)
  • Untuk screen shot yang satu ini, kalian hanya cukup menekan prt sc + logo windows secara bersamaan.
  • Cuplikan layar akan secara otomatis tersimpan pada default Picture di komputer kalian, sehingga kalian tidak perlu menyimpannya. 
  • Buka hasil screen shot kalian yang tersimpan pada folder Picture di drive penyimpanan komputer.

Post a Comment

0 Comments