Cara Mudah Membuat Aplikasi Android untuk Blog

Siapa bilang kalau membuat aplikasi android itu susah banget karena harus mengerti tentang bahasa pemrograman. Bahkan ada yang menjual jasa pembuatan aplikasi android untuk blog kamu dengan tarif yang lumayan. Untungnya saat ini sudah banyak pengembang yang membantu mempermudah membuat aplikasi android dengan metode yang cukup mudah secara online. Artinya kalian tidak perlu kursus, bayar, dan dan memutar otak untuk menghasilkan aplikasi android. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara kalian dengan mudah membuat aps android dari blog kalian sendiri, bahkan kalian bisa publish di Google Aps Store.

Caranya sangat mudah yaitu kalian cukup menggunakan situs AppsGeyser. Tools ini gratis tanpa bayar apapun untuk menjadi kreator aps dari blog kamu. Kalian bahkan bisa membuat menghasilkan berbagai Aps dengan memanfaatkan situs online ini untuk bisnis kamu. Yang saya senang dari aplikasi ini yaitu semuanya gratis, mulai dari kamu publish apps kamu, bahkan menggunakannya. AppsGeyser juga tersedia dalam format andorid yang dapat kamu instal pada smartphone kamu. AppsGeyser membantu kalian membuat aplikasi android bukan saja untuk blog tapi juga seperti media app, foto editor, music, book reader, dan lain-lain. Kalau pada penasaran langsung saja ke tutorialnya:

Mendaftar dan Desain Aplikasi Android 

  • Masukan URL website kalian, lalu tekan tombol GO, scroll ke bawah lalu pilih tema warna.
  • Masukan lagi url halaman facebook kalian di kolom bagian bawah, lalu tekan tombol NEXT
  • Masukan Nama Aplikasi (APP NAME) kalian, contohnya TEchdidak, lalu klik NEXT
  • Masukan deskripsi dari app kalian, lalu tekan tombol NEXT
  • Masukan ikon kalian, pilih custom icon, lalu klik UPLOAD (ukuran gambar 512x512), tekan tombol CROP, lalu tekan NEXT.
  • Tekan tombol CREATE untuk membuat aplikasinya.
  • Selanjutnya kalian SIGN IN, bisa menggunakan gmail atau facebook. 
  • Masuk ke menu Dasboard, pada bagian atas halaman tekan tombol DOWNLOAD APK, tunggu hingga aps kalian selesai diproses, akan muncul tombol download, lalu tekan tombol tersebut.
  • Aps langsung didownload pada komputer atau hp kalian. 
Kalian juga dapat membagikan QR code dari AppsGeyser di blog kalian sehingga pengguna lain dapat menginstal dengan mudah. QR code tersebut dapat kalian temukan di menu Publish, lalu scroll ke bawah dan disitu terdapat kode HTML yang dapat kalian tempatkan pada blog. Contohnya, kalian dapat download aplikasi untuk blog saya Techdidak melalui QR Code berikut:


Cara Instal Aplikasi di Hp 
Aps android yang kamu download sebelumnya belum dipublikasikan di PlayStore karena kalian harus mendaftar dan membayar registrasinya apabila ingin ditampilkan di Google PlayStore. Ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan untuk menginstal aps yang kalian download.
  • Setelah kalian download sebelumnya buka aplikasi atau aps kalian.
  • Apabila instalasi kalian diblokir karena alasan keamanan, maka masuk ke setting atau pengaturan di hp.
  • Selanjutnya enable atau ijinkan instalasi dari sumber lain selain Play Store.
  • Setelah itu coba kembali instal.
Cara Publikasi Android App dari AppsGeyser di Google PlayStore
Kalian mempunyai pilihan untuk mempubikasi atau menampilkan android aps yang kalian buat di Google PlayStore sehingga aplikasi kalian lebih populer dan menghasilkan lebih banyak uang karena kalian bisa memonetisasi aps yang didownload pengguna lain. Selain itu orang akan dapat menginstal aplikasi dengan mudah di ponsel mereka melalui Google Play. Instalasi aplikasi Android 95% berasal dari Google Play. Platform ini dinilai kuat dan aman dan tidak ada virus dan ancaman malware perangkat lunak berbahaya. Kalian juga perlu mempelajari cara agar aplikasi kalian tidak hilang di peringkat di Google Play. Untuk mempublikasikan di Google Play ini ada biaya pendaftaran yaitu sebesar $ 25 yang dibayar hanya sekali, namun kalian dapat menggunakan  dan mempublikasi aplikasi lain tanpa batas. 

Meski demikian ada alternatif tempat untuk mempublikasikan aps kalian seperti Amazon Appstore, Aptoide, SlideMe, dan GetJar yang pendaftarannya tidak dipungut biaya alias GRATIS, dan dengan persaingan yang sedikit lebih rendah. Namun ada kelemahan dari platform ini yaitu sangat sedikit pengguna dibandingkan dengan Google Play Store, dan kalian tidak dapat memonetisasi aplikasi kalian. Disamping itu keamanannya tidak dijamin, karena kurangnya filter terhadap aplikasi yang dipublikasi sehingga pengguna dapat menjadi sasaran terhadap virus dan malware. Nah untuk proses publikasi di Aps Store saya semantkan video dibawah ini untuk kalian ikuti:

Post a Comment

0 Comments