Memahami Jenis-jenis Menu di Blogger.com

Menu adalah sekumpulan pilihan tools navigasi untuk menjelajahi dari satu halaman ke halaman lainnya dalam sebuah situs atau blog. Menu diibaratkan sebuah pohon yang memiliki banyak cabang. Menu membantu kita untuk mengenal isi dari konten, penawaran atau tools yang dapat diakses. Blogger memiliki menu yang simpel, lengkap dan mudah untuk kalian mengerti dan navigasi. Layout dari menu blogger.com terletak disebelah kiri dashboard yang tersusun secara vertikal. Untuk mengenal blogger.com lebih detail ada baiknya kalian membuka satu persatu menu yang ada, agar kalian lebih paham dan mengetahui kegunaan dari menu tersebut. Menu ini juga membantu kalian untuk mengelola blog agar lebih efektif.

Blogger memiliki 7 menu utama yang tersedia yang dapat kalian akses satu per satu. Menu tersebut diantaranya adalah postingan, statistik, komentar, halaman, tata letak, tema, dan setelah. Tiap menu diatas memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Selain menu, terdapat juga sub-menu pada dashboard, misalnya pada menu postingan terdapat sub-menu semua, draf, diterbitkan serta beberapa menu lainnya. Berikut adalah beberapa jenis menu serta fungsinya:
  1. Postingan: menu ini menampilkan daftar postingan yang kalian miliki, yang terdiri dari seluruh postingan termasuk draft, dan postingan yang telah kalian terbitkan. Di menu ini kalian dapat memberikan label, mengedit artikel, melakukan peninjauan pada draf artikel, melihat hasil terbitan artikel di blog serta menghapus postingan kalian. Disini terdapat list postingan lama dan baru yang dapat kalian akses dengan menggunakan tombol > (berikut) dan < (kembali). Disamping itu juga tersedia kolom pencarian artikel apabila kalian mengalami kesulitan mencari judul artikel tertentu.
  2. Statistik: menu ini kalian dapat diperlihatkan statistik kunjungan ke blog kalian.  Disini tersedia  pilihan untuk mensortir informasi jumlah penayangan berdasarkan hari, mingguan, dan tahunan, bahkan total penayangan sepanjang waktu. Selain itu terdapat informasi berupa jumlah penayangan berdasarkan artikel serta sumber lalu lintas pengunjung, browser dan sistem operasi yang digunakan oleh pengunjung. 
  3. Komentar: menu ini menampilkan daftar komentar yang diterbitkan oleh pengunjung. Disin kalian dapat mengelola komentar pengunjung termasuk menghapus komentar dan spam. Di kolom komentar ini terdapat informasi mengenai nama pengunjung dan waktu komentar yang dapat diatur. 
  4. Halaman: menu ini membantu kalian untuk membuat halaman mandiri atau statis yang terpisah dari postingan alias berdiri sendiri. Halaman ini biasanya dihubungkan dengan URL pada blog kalian. Halaman biasanya dimanfaatkan blogger untuk memuat informasi tentang blog, privasi, kebijakan, site map dan lain-lain. Pada menu ini kalian dapat membuat, menghapus, dan menulis pada draf halaman yang tersedia, sama seperti pada postingan blog. Hanya saja pada tools pada halaman tidaklah lengkap seperti pada postingan, misalnya tidak terdapat tag/label.
  5. Tata Letak: menu yang satu ini digunakan untuk mengatur tata letak dari blog kalian. Tata letak langsung terhubung dengan template blog yang kalian gunakan. Dimenu ini kalian dapat menambahkan, mengedit, serta memindahkan widget di blog. Beberapa widget yang dapat kalian gunakan seperti artikel populer, penelusuran blog, HTML/Javascript, profil, arsip blog dan  lain-lain. Disini kalian juga dapat membuat favicon, mengubah style pada konfigurasi navbar, melakukan editing pada header, dan lain-lain. 
  6. Tema: Menu ini digunakan untuk mengatur tema blog kalian (seperti jenis font, style, warna dan lain-lain) serta untuk mengganti dan mengutak-atik template (mengubah kode HTML, dan mengganti template baru). Sebelumnya menu ini disebut template dan kini telah diubah oleh blogger.com. Disini kalian dapat mengatur teman untuk desktop dan seluler. Kalian juga dapat memilih template bawaan blogger yang tersedia. Apabila kalian ingin mengedit tema, tersedia tombol download tema agar blog kalian tidak kehilangan tema sebelumnya.
  7. Setelan: menu ini digunakan untuk mengatur dan mengelola blog kalian. Di pilihan menu ini kalian dapat mengatur judul, deskripsi dan alamat blog. Tersedia pengaturan untuk postingan dan komentar, seperti jumlah postingan yang ditampilkan pada halaman utama, lokasi komentar, siapa yang dapat berkomentar, dan lainnya. Di menu ini tersedia pilihan untuk membuat notifikasi komentar ke email kalian maupun notifikasi postingan ke email pengunjung. Disini kalian dapat mengatur bahasa dan format, menghapus blog, serta impor dan backup data blog.

Diatas adalah sejumlah menu utama yang tersedia di blogger.com, ada juga menu tambahan lain seperti daftar bacaan dan bantuan. Daftar bacaan memuat artikel yang kalian ikuti di blog lain, sehingga kalian tidak ketinggalan artikel terbaru mereka di blogger. Sedangkan bantuan umumnya digunakan blogger untuk mencari informasi atau pertanyaan yang berkaitan dengan penggunaan atau pengelolaan blogger.com. Sebenarnya ada juga menu lain yang tersedia namun tidak semuanya dapat ditampilkan seperti Kampanye (untuk promosikan blog), Google+ (menu ini telah dihapus karena Google+ sudah tidak digunakan lagi sejak April 2019) dan Penghasilan (menu ini tidak tersedia pada blogger berbahasa Indonesia, hanya untuk berbahasa Inggris).

Post a Comment

0 Comments