Solusi Tidak Bisa Akses Akun "admin.google.com is for G Suite accounts only"

Beberapa waktu lalu ada yang bertanya kepada saya. Kak saya kok gak bisa akses akun saya yang satunya di gmail. Saya membalas "waktu kamu sign in, ada muncul apa sih?". Dia membalas "munculnya pesan aneh, kalau gak salah admin............G Suite accounts only". Saya balas "oh apa kamu sudah log out saat pindah akun". Dia "lupa kak".....hehe3.
Dari percakapan diatas, sebenarnya masalah simple saja, ini karena yang bersangkutan mau switch akun langsung dari Google dengan masuk ke akun satunya lagi. Namun belum log out terlebih dahulu. Oke sebelumnya kalau kalian bermasalah dan ada notifikasi di atas, ada hubungannya dengan berbagai alasan. G Suite account adalah akun yang dibuat melalui tempat kerja, sekolah, klub dan lain-lain. Seringkali akun ini disebut dengan akun Google Cloud. Kalian dapat mencoba akun Google Cloud ini selama 14 hari dengan maksimal mengajak 10 orang. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai G Suite.

Kembali ke pertanyaan diatas, ada beberapa hal dimana pesan "admin.google.com is for G Suite accounts only" ini muncul dan bagaimana mengatasinya. Mari kita simak ya!

1. Saat Masuk ke Akun Pribadi di gmail.com
Jika ada pesan seperti diatas "admin.........." Regular Gmail accounts cannot be used to sign in to admin.google.com, maka yang perlu kalian lakukan adalah

  • Sign out / keluar dari akun Google/gmail kalian
  • Tutup browser lainnya.
  • Sign in/masuk kembali ke akun gmail menggunakan gmail lainnya

2. Saat Ingin Menonton Video Youtube

Saat kalian menggunakan akun Google atau akun organisasi untuk mengakses video Youtube, mereka mungkin sedang memblokir layanan youtube kalian. Untuk menonton video yang perlu kalian lakukan adalah:
  • Beralih atau gunakan akun pribadi kalian (login dengan akun personal kalian).
  • Gunakan perangkat lain atau jaringan yang tidak dikelola oleh organisasi kalian yang kemungkinan memblokir akses.

3. Saat Ingin Masuk ke Console Google Admin (G Suite atau Cloud)
  • Pada halaman pop up dimana pesan tersebut muncul "admin.google.com is for G Suite accounts only", kalian klik Add Account atau Tambahkan Akun.
  • Coba sign in kembali dengan menggunakan akun G Suite kalian (bukan akun gmail, jadi jangan menggunakan akhiran gmail.com

Post a Comment

0 Comments