Cara Membackup dan Import Registry di Windows

Windows Registry adalah database yang menyimpan berbagai pengaturan konfigurasi. Hampir semua pengaturan konfigurasi yang disertakan dengan Windows disimpan di sini. Program pihak ketiga juga dapat menggunakan registri untuk menyimpan pengaturannya, meskipun mereka juga dapat menyimpan pengaturan dalam file konfigurasi - pilihan tergantung pada masing-masing program.

Mencadangkan regitry windows sebelum kalian melakukan perubahan, adalah hal yang sangat cerdas dan penting untuk dilakukan. Pengaturan dalam registri mengontrol banyak hal yang terjadi pada Windows.Sayangnya, Microsoft tidak merancang Peninjau Suntingan Registri untuk menotifikasi kalian mencadangkan sebelum Anda melakukan perubahan, sehingga kalian perlu melakukan backup secara manual.

Untungnya, sangat mudah untuk secara manual membackup registry secara keseluruhan maupun hanya sebagian registri tertentu.Pada tutorial ini saya akan jelaskan gimana cara kalian untuk membackup regitry komputer ataupun registry key yang ada dalam hirarki. Untuk memback registry berikut adalah langkahnya:

Cara Backup Seluruh Registry
1. Pada kolom pencarian di taskbar, ketik regedit, kemudian buka aplikasi Registry Editor
2. Pada panel disebelah kiri, klik kanan pada Computer, lalu klik Export.
3. Ketik nama registry, contohnya RegAll_17082019, kemudian Save registry tersebut.

Cara Backup Registry pada Folder atau Key Tertentu
1. Pada kolom pencarian di taskbar, ketik regedit, kemudian buka aplikasi Registry Editor
2. Buka folder dalam registry yang ingin kalian backup, klik kanan pada folder tersebut, lalu klik Export dan
3. Ketik nama regitry, contohnya RegHKeyClassesRoot_17082018, lalu klik Save, untuk menyimpan regitry tersebut.

Sementara apabila kalian ingin mengembalikan registry yang hilang atau corrupt klik File, kemudian Import. Pilih registry yang kalian simpan dalam komputer lalu klik Open. Oke guys sekian tutorial singkat bagaimana cara backup registry di Windows kalian, semoga bermanfaat. Lihat video dibawah ini mengenai penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments