Cara Mengatasi Flashdisk Data Error atau Tidak Bisa Akses

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan yang praktis yang digunakan pada perangkat elektronik yang berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Ada beberapa kasus dimana flash disk tidak bisa dibuka atau diakses. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor misalnya: komponen flash disk rusak, flash disk terkena virus, port usb bermasalah, windows driver bermasalah, flash disk sering bolak balik dipasang tanda eject, format flashdisk berganti menjadi RAW, dan lain-lain.

Apabila flash disk tidak bisa di pasang, maka akan muncul peringakatan bahwa flashdisk error atau not accessible. Di tutorial berikut ini saya akan membahas gimana cara mengatasi flashdisk kamu yang error.  Berikut adalah 2 langkah gimana cara mengatasi flashdisk error:

Cara 1. Menghapus Volume Disk pada Disk Management
1. Klik kanan pada Start Menu, kemudian pilih Disk Management'
2. Cek dan pilih flash disk kalian pada list disk
3. Volume flashdisk kalian akan ditampilkan pada kotak dibawah, klik kanan pada flash disk kemudian pilih Delete Volume, lalu klik Yes
4. Klik kanan pada disk kalian sudah hapus (Unallocated), lalu pilih New Simple Volume
5. Klik Next dan seterusnya, berikan label nama flash disk kamu.
6. Flash disk sudah dapat dibuka kembali di file explorer

Cara 2. Format dan Ganti Sistem File ke FAT32
1. Buka File Explorer.
2. Klik kanan pada flash disk drive kemudian pilih Format
3. Gantikan file system ke FAT32
4. Start format flashdisk kalian

Data pada flash disk kalian akan hilang atau dihapus. Untuk mengembalikan data dalam flash disk kalian dapat mendownload software file recovery untuk memulihkan file kalian.

Post a Comment

0 Comments