Cara Mengatasi Memori Laptop Low

Helo guys di artikel ini saya akan menjelaskan cara untuk mengatasi memori laptop yang rendah atau low memory dengan menambahkan ruang kosong yang tersedia pada drive. Apabila memori kalian di laptop rendah, maka kalian tidak dapat menambahkan file ke drive yang penuh. Namun apabila kalian memiliki beberapa partisi atau ruang drive yang kosong, kalian dapat memindahkan ruang kosong dari drive ke drive lain yang sudah penuh.


Berikut ini saya akan jelaskan langkah untuk memindahkan drive yang kosong ke drive penuh untuk mengantisipasi ruang memori kalian yang penuh:
1. Untuk mengatasi masalah ini, pertama klik kanan pada Start menu, atau logo windows di kiri bawah taskbar
2. Klik Disk Management, disini kita dapat melihat berapa persentase ruang kosong yang tersedia pada masing-masing drive
3. Perhatikan drive yang memiliki memori yang cukup besar dan ruang kosong yang masih tersedia, karena kalian akan membebaskan sebagian memorinya.
4. Klik kanan pada drive dengan ruang kosong yang cukup di kotak dibawahnya, kemudian klik Shrink Volume
5. Alokasikan atau ketik volume besaran memori yang ingin dibebaskan dalam MB misalnya 10000, kemudian klik Next
6. Selanjutnya akan muncul kotak baru dengan tulisan Unallocated, yang merupakan drive kosong yang belum difungsikan.
7. Tutup disk management, kemudian kalian buka program AOMEI Partition Assistant. Apabila kalian belum download, silahkan didownload di internet disini saya gunakan Standard Edition versi  8.4.
8. Untuk menyatukan ruang kosong tadi, klik kanan pada drive yang penuh kemudian pilih Merge Partitions. Apabila tool ini belum dapat digunakan atau tidak aktif, itu karena, kalian harus menyisakan ruang kosong di drive sebesar 18-20%.
9. Masuk ke File Explorer, kemudian pindahkan atau cut file dari drive yang penuh ke drive kosong yang masih tersedia di pc kalian.
10. Jika sudah, buka kembali AOMEI Partition. Klik tombol Refresh di kanan atas, lalu klik kanan pada drive kemudian klik Properties. Apabila ruang kosong pada drive belum bertambah saya sarankan kalian membersihkan Recycle Bin.
11. Jika ruang kosong sudah lebih dari 18%, kalian sudah dapat menggabungkan ruang kosong ke drive yang penuh. Untuk menggabungkan, klik kanan pada drive yang penuh, kemudian klik Merge partitions.
12. Cetang kedua drive yang ingin kosong dan penuh untuk digabungkan kemudian klik OK.
13. Klik Apply pada menu diatas, lalu klik Proceed, lalu klik Yes
14. Setelah proses selesai, klik OK

Kini drive yang penuh tadi sudah ada banyak ruang kosong yang tersedia. Oke guys sekian cara mengatasi low memory pada drive dengan mengalokasikan atau mentransfer ruang kosong ke drive yang penuh, semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments