Cara Mengganti IP Address Laptop atau Komputer di Windows

Helo guys di tutorial ini saya akan menjelaskan Cara mengganti IP address laptop atau komputer di windows kalian. ip address yang terdapat dilaptop kalian adalah deretan angka yang merupakan identitas dari komputer kalian dalam sebuah jaringan. Terkadang ip address dari tiap komputer di buat unik pada suatu jaringan agar dapat terhubung pada suatu server atau perangkat lainnya. Ip address atau internet protocol address merupakan deretan bilangan biner yang dapat dibuat secara otomatis ataupun dibuat secara manual.

Berikut ini adalah langkah untuk mengganti ip address, atau membuat ip address secara manual di komputer atau laptop kalian.
- Pada kolom pencarian di taskbar ketik Control Panel lalu buka App tersebut
- Klik Network and Internet
- Klik Network and Sharing Center
- Klik pada bagian Connection yang terhubung ke Internet
- Untuk mengecek ip address pada jaringan kalian, klik Details
- IpV4 Address adalah ip address yang saya dapatkan secara otomatis, Perlu diketahui bahwa ip ini dapat berubah sesuai dengan  jaringan router kalian.
- Klik tombol Close
- Klik Properties, lalu klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties
- Centang Use the following ip address
- Masukan ip address sesuai dengan settingan router kalian. Ubah digit yang dipisahkan titik, dengan menambahkan tiga digit agar unik dan tidak tumpang tindih dengan ip lainnya. Contohnya ip address menjadi 192.168.1.120
- Setelah kalian masukan ip address, subnet mask akan terisi secara otomatis. Default gateway dapat kalian isi atau tidak usah.  Kalian dapat isi default gateway berdasarkan jaringan yang terhubung ke internet. Untuk mengecek default gateway, kalian dapat masuk ke Command Prompt kemudian ketik ipconfig/all, lalu cek default gateway jaringan kalian.
- Selanjutnya klik OK, lalu klik Close
- Klik tombol Properties, dan perhatikan bahwa ip address kalian sudah berubah sesuai settingan yang dibuat

Oke guys demikian penjelasan cara mengganti ip address kalian secara manual di laptop atau komputer, semoga tutorial ini bermanfaat. Lihat juga video dibawah ini untuk penjelasan diatas.

Post a Comment

0 Comments