Cara Scan Dokumen di Windows Tanpa Aplikasi

Helo guys di artikel ini saya akan menjelaskan ke kalian bagaimana cara SCAN Dokumen di Windows Tanpa menggunakan Aplikasi. Perlu diketahui bahwa tidak semua printer memiliki fungsi scan atau memindai dokumen. Apabila printer yang kamu gunakan memiliki fitur scan, maka kamu dapat scan dokumen kalian melalui laptop atau perangkat lainnya. Agar laptop kalian dapat scan dokumen, maka kalian harus menginstal driver paket yang terdapat pada cd yang dibagikan saat kalian membeli printer. CD tersebut tidak hanya menyediakan driver printer, namun juga aplikasi bawaan yang langsung terintegrasi dengan merek printer yang digunakan yang dapat difungsikan untuk scanning dan lain-lain. Untuk menginstal driver printer kalian dapat menghubungkan perangkat printer dan laptop kalian, dan otomatis jenis printer kalian akan dimuat pada windows yang kalian gunakan.

Namun guys taukan kalian bahwa untuk mengscan dokumen kalian tidak harus menggunakan aplikasi tambahan. Apabila driver kalian sudah diinstal maka kalian sudah dapat scan, yaitu melalui Control Panel. Namun demikian output dari hasil scan hanya dalam format gambar, seperti jpg, png dan lainnya. Bagaimana cara scan berikut adalah langkahnya:
1. Ketik dan buka Control Panel melalui kolom pencarian di Taskbar
2. Klik Hardware and Sound
3. Klik Devices and Printers
4. Klik kanan pada Printer yang kamu gunakan untuk scan dokumen (pastikan printer online)
5. Klik Start scan
6. Tentukan file type/tipe file yang kamu inginkan (disini hanya tersedia tipe file berformat gambar, seperti jpg, png, dan lainnya)
7. Selanjutnya tekan tombol Scan
8. Tunggu file discan sampai selesai..
9. Klik Next
10. Klik Import

File yang kalian scan akan muncul pada windows file explorer. Kini kalian sudah dapat melihat/membuka file tersebut, dapat juga kalian pindahkan filenya ke folder tertentu.  Oke guys cara scan dokumen di Window tanpa aplikasi tambahan, semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments